Syarat untuk Monetisasi YouTube Terbaru

[Terbaru] Syarat dan Cara Daftar AdSense untuk Monetisasi YouTube

Monetisasi YouTube
Salah satu cara monetisasi atau mendapatkan uang dari YouTube adalah dengan menyambungkan akun AdSense agar video kita dapat menayangkan iklan. Program monetisasi YouTube ini hanya dapat diikuti oleh peserta program partner Youtube.

YouTube Partner Program (YPP) adalah fitur yang memberikan akses lebih kepada para pemilik channel untuk mendapat berbagai referensi dan fitur YouTube, salah satunya melakukan monetisasi konten mereka. Sayangnya, tidak semua channel di YouTube dapat bergabung sebagai partner, Karena Ada persyaratan yang harus dipenuhi serta harus melalui tahap peninjauan dari pihak YouTube untuk bisa terdaftar.

Syarat Pendaftaran AdSense untuk Monetisasi YouTube
Jika ingin melakukan monetisasi YouTube, kita perlu mendaftarkan channel youtube kita terlebih dahulu ke AdSense. Tidak semua akun dapat mendaftar. Ada beberapa syarat yang harus kita penuhi untuk mendaftar AdSense youtube.

1. Memiliki minimal 1000 subscriber
Salah satu syarat daftar AdSense untuk monetisasi YouTube adalah memiliki total 1000 subscriber. Tetapi untuk mendapatkan subscriber tidak semudah yang dibayangkan. Ada usaha yang perlu kita lakukan untuk memproduksi konten-konten yang berkualitas, unik dan menarik banyak pengunjung untuk subscribe ke channel kita.

Beberapa cara memaksimalkan konten di channel YouTube kita, bisa dilakukan dengan rajin mengupload konten atau video terbaru, memanfaatkan tren yang ada, menerapkan SEO YouTube, menambahkan subtitle pada video, dan lain sebagainya.

2. Memperoleh 4000 jam tayang
Syarat selanjutnya adalah channel YouTube telah ditonton hingga mencapai 4000 jam tayang. Yang dimaksud 4000 jam tayang adalah Jumlah jam penayangan yang kita peroleh dalam 365 hari terakhir di channel YouTube kita. Syarat ini untuk memastikan bahwa subscriber yang kita miliki adalah aktif. Kemungkinan besar, hal ini untuk mencegah adanya kasus kecurangan membuat subscriber palsu agar bisa memenuhi syarat pertama tadi.

Untuk meraih total jam penayangan tersebut, kita tentunya harus rajin membuat konten dan mengupload ke channel YouTube kita. Dengan begitu, kita akan memperoleh jumlah jam tayang dari subscriber atau penonton yang menonton video kita.

3. Mengikuti kebijakan dan ketentuan fitur monetisasi YouTube
Jika ingin melakukan monetisasi YouTube, kita harus mematuhi kebijakan yang telah diatur. Kebijakan tersebut berlaku bagi siapa saja yang ingin mendaftar atau tergabung dalam Program Partner YouTube. Beberapa peraturan di dalamnya adalah:

  • Pedoman komunitas
  • Meliputi hal-hal yang diizinkan dan tidak diizinkan bagi semua jenis konten di platform YouTube, termasuk video, komentar, link dan thumbnail. Ada beberapa konten yang dilarang untuk melindungi pengguna YouTube, misalnya konten spam, penipuan, konten sensitif dan kekerasan, menampilkan senjata api, narkotika dan sebagainya.

  • Persyaratan layanan
  • Persyaratan layanan meliputi seluruh ketentuan (terms of service) dan penjelasan mengenai perjanjian hubungan antara pihak YouTube dengan kita sebagai pengguna layanannya.

  • Hak cipta YouTube
  • Para kreator tidak boleh mengupload video yang bukan karya sendiri, atau dengan kata lain berhak cipta milik orang lain. Hal ini termasuk cuplikan program dengan hak cipta, trek musik, dan video lain yang tidak diperoleh izinnya. Kreator diizinkan untuk mengunggah video orang lain jika mereka memiliki izin penggunaan.

  • Kebijakan program AdSense
  • Kreator wajib mematuhi kebijakan program AdSense. Jika tidak, pihak AdSense berhak menonaktifkan akun AdSense kamu kapan saja. Untuk mengetahui apa saja kebijakan yang diatur bisa di lihat disini

    4. Tinggal di Wilayah YouTube Partner
    Syarat selanjutnya adalah pendaftar tinggal di wilayah YouTube Partner Program. Ada beberapa negara yang termasuk dalam daftar wilayah YouTube Partner. Di persyaratan ini, kita tak perlu khawatir karena Indonesia termasuk salah satu di antaranya.

    Cara Mengajukan Monetisasi YouTube
    Nah setelah memenuhi syarat-syarat di atas, kita bisa melanjutkan ke tahap pendaftaran AdSense sebagai cara monetisasi YouTube. Dengan kata lain, jika channel YouTube kita berhasil mencapai 1000 subscriber dan 4000 jam tayang, inilah waktunya kita bisa mendaftar AdSense agar bisa memperoleh uang dari YouTube. Berikut Langkah-langkah cara daftar AdSense untuk Monetisasi YouTube terbaru.

    • Login YouTube Creator Studio Caranya, buka YouTube di browser.
    • Kemudian klik icon profile yang terletak di pojok kanan atas laman.
    • Langkah selanjutnya, pilih opsi ‘YouTube Studio’ dan kita akan langsung diarahkan ke dashboard studio channel YouTube.
    • Pada menu bar sebelah kiri, cari dan klik opsi ‘Monetisasi’.
    • Klik ‘Daftar Sekarang’ Pada tahap ini, jika channel kita sudah berhasil mencapai 1000 subscriber dan 4000 jam tayang akan muncul opsi ‘Daftar Sekarang’. Kita tinggal klik opsi tersebut untuk melanjutkan.
    Namun jika channel kita belum memenuhi persyaratan, kita belum bisa mendaftar dan melanjutkan ke tahap berikutnya. Sambil menunggu tercapainya persyaratan, tetaplah rajin membuat konten-konten berkualitas untuk meningkatkan jumlah subscriber dan jam tayang. Kita bisa klik opsi untuk mengaktifkan pemberitahuan lewat email jika channel-mu sudah memenuhi syarat untuk mendaftar.

    Kalau Channel YouTube kita sudah memenuhi persyaratan untuk mendaftar, maka kita diizinkan untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Di bagian ini kita diharuskan untuk melakukan peninjauan terhadap persayaratan program partner YouTube dan menyetujuinya.

    Ceklis pada kolom Persetujuan Persyaratan, kemudian klik Setujui.

    Daftar atau Sambungkan ke AdSense
    Tahap selanjutnya, kita akan diarahkan pada laman monetisasi channel. Kemudian klik ‘Mulai’ pada bagian Daftar ke Google AdSense.

    Jika sudah memiliki akun AdSense, di tahap ini kita tinggal menghubungkan akun AdSense yang sudah ada dengan klik opsi ‘Sudah memiliki akun AdSense’, kemudian lanjut untuk proses menghubungkannya.

    Namun apabila belum memiliki akun AdSense, kita bisa ikuti cara daftar akun AdSense untuk monetisasi YouTube berikut ini.

    Cara Daftar akun AdSense
    1. Pilih opsi ‘Tidak memiliki akun AdSense’, kemudian klik ‘Lanjutkan’.
    2. Masuk ke akun Google.
    3. Setujui persyaratan dan ketentuan, klik ‘Buat Akun’.
    4. Lengkapi identitas diri seperti, nama, alamat lengkap, kode pos, nomor telepon. Klik ‘Kirim’.
    5. Klik ‘Alihkan’. Selesai! Kita sudah berhasil mendaftar akun AdSense.

    Tunggu Peninjauan Channel dari YouTube
    Langkah selanjutnya, kita tinggal menunggu proses peninjauan dari pihak YouTube. YouTube akan melakukan peninjauan terhadap setiap channel yang mendaftar. Hal ini untuk memastikan bahwa channel tersebut sudah mematuhi kebijakan monetisasi YouTube. Pemberitahuan akan dikirim melalui email, biasanya dalam waktu satu bulan.

    Jika sudah berhasil diterima sebagai partner YouTube, kita bisa mulai melakukan monetisasi dengan mengatur preferensi iklan dan mengaktifkan monetisasi di konten-konten video kita. Tapi apabila belum berhasil, kita dapat mengulang kembali mendaftar pada 30 hari setelah pernyataan penolakan.

    Related Posts


    close