10 Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

10 Cara Praktis Menghasilkan Uang dari YouTube

Menghasilkan Uang dari YouTube
Akhir-akhir ini YouTube tumbuh dan berkembang jadi salah sebuah mesin uang untuk sebagian orang. Sejak dari anak-anak sampai dewasa, tidak sedikit yang menggunakan YouTube untuk menghasilkan uang.

Cara praktisnya yakni dengan menjadi seorang YouTuber atau content creator video. Beberapa sosok terkenal di tanah air antara lain Atta Halilintar, Awkarin, Ria Ricis yang penghasilannya mencapai ratusan juta hingga milyar per bulan.

Berikut ini 10 cara praktis menghasilkan uang dari YouTube agar Anda dapat sesukses para YouTuber keren yang Anda idolakan.

1. Membuat YouTube Channel
Buat akun di YouTube terlebih dulu bila Anda belum mempunyainya dengan menggunakan akun Google. Kemudian buat channel/saluran Anda. Pikirkan nama yang paling menarik untuk channel YouTube Anda beserta konsep saluran, tema atau karakter channel-nya.

2. Monetisasi Channel YouTube
Silakan Anda masuk ke akun YouTube milik Anda, pilihlah menu “informasi akun” yang ada di sebelah kanan atas dan klik “Kreator Studio”. Lalu, pada menu di sebelah kiri, pilih “Saluran/Channel” dan klik “Status dan Fitur”. Selanjutnya, pilih “Dapat Dimonetisasi”. Terakhir, setujui persetujuan yang tersedia.

3. Hubungkan Channel YouTube ke AdSense
Setelah monetisasi diaktifkan terhadap channel YouTube Anda, Anda butuh menghubungkan dan menyatukan serta approved akun AdSense Anda ke akun YouTube Anda. Ke depannya akan ada fitur YouTube Analytic yang bisa digunakan untuk menjalankan tracking penghasilan Anda, yang mana akan dapat terbayar cuma bila Anda megikuti ambang pembayaran Youtube yang tersedia.

4. Optimalkan Fungsi Monetisasi pada Channel YouTube
Ada kriteria-kriteria yang butuh dipenuhi atau diikuti untuk mengoptimalkan channel YouTube Anda, antara lain:
  • Video mesti ramah pengguna
  • Konten mesti orisinil buatan Anda supaya bisa dipromosikan
  • Urungkan niat untuk menjiplak video dari hasil karya orang lain
  • Video Anda mesti memperhatikan ketentuan yang sudah dibuat oleh pihak YouTube
  • Sekali saja fungsi monetisasi diaktifkan pada video Anda maka iklan-iklan akan tampil di video Anda selanjutnya

5. Lakukan Conversion Rate pada Halaman Produk
Bila Anda bertanggungjawab untuk sebuah bisnis atau perusahaan tertentu, Anda bisa membuat channel YouTube Anda sebagai sebuah peluang untuk menaikkan conversion rate Anda. Buatlah konten yang memperlihatkan demikian baik dan memikatnya produk yang mau ditonjolkan melalui promosi halus, Kemudian buat link pada halaman produk Anda di kolom deskripsi video YouTube Anda.

Hal ini seringkali dilakukan vlogger-vlogger yang akan memasarkan sesuatu dengan cara halus. Misalnya saja pada pembuatan video musik umumnya banyak di-shoot berbagai produk tertentu yang digunakan oleh penyanyi atau bintang utamanya.

6. Jual Video di Website Penjualan Video
Anda dapat pula menjual video Anda di situs komersial yang menyediakan fasilitas untuk para pembuat video berjualan hasil karyanya. Jadi, di YouTube, Anda bisa mengunggah tayangan berbentuk teaser dan menuntun penonton untuk membayar bila ingin melihat versi yang lengkapnya.

7. Mengarahkan Trafik untuk Link Affiliasi
Affiliate marketing jelas adalah kesempatan untuk mendapatkan uang dengan cara online yang amat populer. Persoalannya ialah bahwa demikian banyak marketer affiliate ini yang tak mengatakan bagaimana detailnya usaha yang dibutuhkan untuk mendapatkan penghasilan yang relatif besar. Daripada mengandalkan blog yang Anda punya untuk menuntun orang ke link affiliate, lebih baik cobalah membuat channel YouTube yang keren dan memanfaatkannya selaku katalis yang bisa mengarahkan ke link affiliate tersebut.

Sejalan dengan kemajuan niche visual yang semakin berkembang dimana masyarakat mulai enggan membaca tulisan atau kalimat yang panjang-panjang, Anda pun dapat mengembangkan usaha Anda lebih maju lagi.


8. Menarik Sponsor
Bila Anda memperhatikan para YouTuber tenar yang berhasil di internet, Anda tentunya mengetahui kalau di nyaris seluruh konten video YouTube milik mereka selalu terdapat elemen sponsor dan iklan. Mereka memanfaatkan dua aspek itu untuk mendapatkan penghasilan uang dari YouTube.

9. Lakukan Live Speaking untuk Menaikkan Customer Engangement
Ke depannya bila Anda telah mempunyai fans yang lumayan banyak atau fanbase maka Anda bisa menyelenggarakan meet and greet (meeting dan greeting). Anda bisa saja membuat jadwal yang teratur supaya komunitas Anda dapat berkembang. Aktivitas ini dijalankan untuk menaikkan engangement Anda dengan para penonton atau subscriber setia Anda.

Selanjutnya, Anda pun bisa memasarkan produk atau mempromosikan berbagai konten yang lainnya pada waktu acara terjadi dan gunakan pula peluang ini untuk lebih mengetahui siapa pangsa pasar produk atau jasa Anda.

10. Berpikir di Luar Kebiasaan
Anda butuh berpikir out of the box atau di luar kebiasaan Anda sendiri bilaa Anda ingin membuat video yang memikat untuk ditonton sejak awal sampai akhir tayangan, lantas dibagikan lagi oleh masyarakat hingga akhirnya jadi konten yang viral.

Itulah 10 cara praktis menghasilkan uang dari YouTube, Semoga bermanfaat.

Related Posts


close