Langkah Membuat Video Youtube bagi Pemula

8 Langkah Membuat Video Youtube yang Harus Dipahami Pemula

Membuat video Youtube tergolong membutuhkan banyak waktu. Terlebih jika saat pengambilan video terdapat beberapa kesalahan. Otomatis, kita harus mengulang take video. Belum lagi kita harus melakukan proses editing setelah pengambilan video. Tidak jarang jika membuat sebuah konten membutuhkan waktu berhari-hari.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membuat konten di Youtube dengan cepat. Tentunya hal ini sangat perlu diperhatikan dan dipraktikkan oleh pemula. Bagi kita yang ingin menjadi Youtuber, berikut beberapa cara mudahnya.

Langkah Membuat Video Youtube: Menemukan Ide Video
Tunggu Sebentar...

Salah satu cara yang bisa kita lakukan sebelum membuat konten adalah menemukan ide konten. Ide sangat penting karena menjadi bahan konten yang menarik. Mencari ide pun tidak terlalu susah. Kita bisa mencarinya dengan melakukan riset, menelusuri topik yang tren, atau dengan melihat lingkungan sekitar.

Ada hal yang harus kita perhatikan saat mencari ide. Tidak ada ide yang benar-benar orisinal. Namun, bukan berati kita bisa meniru ide kompetitor lain. Kita bisa memodifikasinya agar tidak ada yang menuduh kita plagiat. Setelah menentukan ide, kita bisa membuat konsep video.

Membuat Konten Sesuai Keahlian dan Minat
Langkah membuat sebuah konten yang menarik bisa kita lakukan dengan mencari ide sesuai minat dan keahlian. Misalnya, kita tertarik dengan kecantikan atau kesehatan, maka kita bisa membuat konten tentang hal tersebut. Atau kita suka desain dan menulis? Cobalah buat konten tentang panduan menulis atau membuat desain.


Tentunya membuat konten akan menjadi terasa lebih mudah. Selain itu, kita bisa menyiapkan konsep atau draft agar tahu konten yang ingin dibuat seperti apa. Hal ini juga mencegah kita mengambil take video berulang kali. Jika kita sudah terkenal, maka kita bisa menyesuaikan konten dengan keinginan penonton.

Membuat Channel Youtube
Langkah membuat video Youtube bisa diawali dengan membuat channel Youtube. Tanpa adanya channel kita tidak bisa mempublikasikan karyamu. Membuat channel Youtube tidak sesulit yang kita pikirkan kok. Kita hanya perlu mempunyai akun Google dan secara otomatis akan terdaftar di Youtube.

Kita tinggal harus membuat nama channel yang mudah diingat oleh penonton. Selain itu, pilihlah nama yang kesannya tidak pasaran. Foto banner dan deskripsi singkat juga dibutuhkan, lho. Tujuannya untuk memberi audiens gambaran tentang sesuatu agar lebih jelas.

Melakukan Proses Produksi


Setelah kita membuat akun atau channel dan sudah menyiapkan draft, maka kita bisa memulai pembuatan video. Kita hanya perlu menyiapkan peralatan, seperti kamera, lighting, dan mic. Ketiga perangkat tersebut bisa membantu kita menciptakan konten video yang berkualitas.

Lakukan perekaman gambar sesuai dengan draft atau konsep. Kita juga bisa membuat video menggunakan stok gambar atau video gratis yang tersedia di internet. Namun, carilah gambar yang berlisensi atau bebas copyright. Contohnya Pixabay, Video, Pexels, dan lainnya. Di sana juga kita bisa melakukan pembelian untuk mendapat foto atau video ekslusif.

Melakukan Proses Editing
Membuat video Youtube bisa dibilang susah-susah gampang. Ketika kita sudah melalui tahap produksi, maka kita tinggal melakukan editing. Proses ini cukup memakan banyak waktu, terlebih jika kita merasa video yang dihasilkan terasa kurang. Dalam proses editing, kita juga bisa membuang bagian yang dirasa tidak dibutuhkan.

Kita harus menggunakan program untuk mengedit video agar setiap potongan gambar atau video menjadi satu konten utuh. Alhasil, penonton bisa lebih mudah menangkap informasi yang kita sajikan dalam konten. Agar sebuah konten terasa menarik, kita bisa membuat intro singkat dan outro yang unik sesuai brand.

Jangan lupa juga untuk memasukkan musik dan sound effect. Tujuannya agar videomu terasa lebih hidup. Kita juga bisa menambah elemen suara sesuai dengan situasi. Contohnya memasang suara kocak di bagian yang lucu atau lagu sedih di bagian yang galau. Namun, kita harus memperhatikan soal hak cipta lagu orang sebelum memasukkannya ke konten.

Mempublikasikan Video
Setelah kita selesai membuat sebuah video untuk Youtube, sekarang kita bisa mempublikasikannya. Kita bisa membuat judul yang menarik dan mengundang klik agar penonton ingin mengunjungi kontenmu. Selain itu, kita juga bisa menggunakan thumbnail yang menarik dengan eyecatching.

Video akan banyak ditonton apabila kita mempromosikannya di sosial media. Jika kita mempunyai banyak grup atau komunitas, hal ini sangat membantu agar kontenmu semakin terkenal. Kita juga bisa meminta tolong kepada teman untuk share video kita. Alhasil, akan semakin banyak orang yang menonton.

Melalukan Kolaborasi
Ingin membuat video Youtube yang langsung mengundang banyak penonton? Kita bisa melalukan kolaborasi dengan Youtuber lain. Pilihlah Youtuber yang sudah mempunyai nama tapi masih ingin diajak kerja sama. Hal ini bisa membantu kita untuk menaikkan branding pada diri sendiri dan konten.

Hal yang paling penting adalah membuat konten yang shareable dan viral. Karena jika konten kita biasa saja, meski berkolaborasi dengan Youtuber terkenal, cara ini tidak akan berhasil. Jadi, selalu utamakan kualitas konten, ya.

Rajin Update
Cara terakhir yang bisa kita lakukan dalam membuat konten Youtube adalah rajin melakukan update. Hal ini sangat penting bagi kita yang ingin segera tenar atau populer. Karena penonton akan mudah mengingatmu jika kita sering mengupload konten. Coba saja kita jarang membuat konten, pastinya penonton akan merasa asing denganmu.

Itulah beberapa cara atau langkah dalam membuat video Youtube yang mudah bagi pemula. Kita harus meningkatkan niat dan kesabaran untuk bisa berada di posisi atas. Selain itu, buatlah konten yang berkualitas agar penonton suka dengan kita.

Related Posts


close