Sumber Penghasilan Blog

Cara Memperoleh Penghasilan dari Blog

Setelah membuat blog yang berkualitas, kita sekarang bisa mulai memikirkan bagaimana cara menghasilkan uang dari blog. Ingat, tanpa blog berkualitas, kita tidak bisa mendapatkan uang dari blog! Jadi pastikan untuk mengikuti langkah-langkah di atas terlebih dahulu.

Kini saatnya kita mempelajari bagaimana menghasilkan uang dari blog yang sudah kita buat. Terdapat banyak cara mendapatkan uang dari blog. kita bisa pilih salah satu atau beberapa cara di bawah ini:

1. Monetisasi Blog dari Google AdSense
Google Adsense adalah sebuah layanan periklanan yang paling populer saat ini, dimiliki oleh perusahaan besar yaitu Google. Layanan ini diperuntukan bagi para publisher atau pemilik website menayangkan iklan.

Adwords dan Adsense pada intinya adalah layanan yang sama. Yang membedakan, untuk Adwords mereka menyediakan layanan bagi para pengiklan untuk membeli iklan. Sedangkan untuk publisher menghasilkan uang dari iklan yang ditampilkan di blog mereka dari layanan Adsense.

Untuk prosesnya cukup sederhana:
  • Sebagai pemilik website, kita meletakan code Adsense di website kita.
  • Pengiklan atau Advertiser melakukan penawaran untuk iklan, dan penawaran dengan harga terbesar akan ditampilkan di website kita.
  • kita akan mendapatkan bayaran setiap ada klik iklan oleh pengunjung website kita.
  • Google yang akan mengurus penagihan ke advertiser dan memastikan kita menerima bayaran.

Google Adsense menggunakan algoritma komplek untuk melakukan analisa pada konten website kita. Hal ini memastikan iklan yang tampil sesuai dengan website kita. Sebagai contoh, jika kita memiliki website tentang kucing, Andsense akan menampilkan iklan berupa promosi yang berhubungan dengan hewan piaraan.

Bayaran setiap kliknya bervariasi mulai $0.1 sampai $5 tergantung negara, kompetitor antar advertiser dan artikel yang dibahas, untuk indonesia sendiri berkisar $0.01 sampai $5.

Sebagai contoh, iklan yang tampil pada website dengan artikel tentang mobil iklannya lebih mahal jika dibandingkan dengan website mainan anak-anak. Sederhana saja, untuk mobil harganya lebih mahal, sehingga untuk investasi iklan juga lebih mahal.

Jika kita ingin mengambil keuntungan dan memulai mendapatkan uang dengan menampilkan iklan Adsense, silahkan daftarkan blog kita dengan membuat akun Adsense. Hal ini biasanya memerlukan waktu beberapa menit saja untuk melakukan pendaftaran. Setelah itu kita tinggal menunggu email pemberitahuan dalam beberapa hari apakah disetujui atau tidak. Jika sudah diterima, saatnya kita memasang iklan adsense di blog.

2. Sumber Penghasilan Blog dari Endorsement
Mungkin kita sering melihat para blogger mempromosikan produk atau layanan tertentu di konten blognya. Baik itu dalam bentuk review, unboxing, atau sekadar deskripsi produk.

Apa yang kita lihat di blog-blog tersebut adalah endorsement. Blogger bisa bekerja sama dengan perusahaan tertentu untuk meng-endorse produk atau layanannya. Benefitnya bisa beragam, dari uang tunai hingga produk gratis. Tergantung kesepakatan antara blogger dan perusahaan.

kita juga bisa menerapkan cara ini untuk menghasilkan uang dari blog. Biasanya perusahaan yang akan menghubungi kita terlebih dahulu untuk mengajak kerjasama. Oleh karena itu, pastikan kita sudah membangun blog yang berkualitas agar semakin banyak perusahaan yang ingin bekerjasama dengan kita.


3. Sumber Penghasilan Blog dari Afiliasi
Cara mendapatkan uang dari blog yang cukup populer lainnya adalah dengan program afiliasi. Melalui program ini kita akan mendapatkan komisi setiap kali ada pengunjung blog yang melakukan pembelian atau melengkapi data melalui link atau banner afiliasi.

Jumlah komisi yang didapatkan berbeda-beda tiap perusahaan. Ada yang memberikan komisi 25 persen, 50 persen, hingga 70 persen.

4. Sumber Penghasilan Blog dari Jasa
Melalui blog, kita juga bisa menawarkan jasa ke para pengunjung blog, seperti jasa pembuatan website, desain grafis, pembuatan artikel. Selain itu masih banyak jasa lainnya yang bisa kita tawarkan sesuai keahlian yang dimiliki.

Jika kita ingin menawarkan jasa, disarankan membuat artikel yang berhubungan dengan jasa yang kita tawarkan. Misalnya kita ingin menawarkan jasa paket wisata, berarti blog yang kita buat artikelnya mengenai wisata.

5. Sumber Penghasilan Blog dari Produk
kita dapat menghasilkan uang dari blog dengan menjual produk yang dimiliki melalui blog, bisa berupa produk digital atau produk fisik. Jika kita memiliki keahlian menulis tutorial, kita bisa membuat ebook untuk dijual. Selain menjual ebook, untuk kita yang memiliki keahlian pemrograman, bisa memulainya dengan menawarkan aplikasi yang kita buat untuk dijual.

Sedangan untuk produk fisik, kita dapat menjual berbagai macam barang. Misalnya kita memiliki keahlian memasak, kita bisa membuat produk makanan ringan dan dijual melalui blog kita.
Tunggu Sebentar...


6. Sumber Penghasilan Blog dari Webinar
kita juga bisa menghasilkan uang dari blog melalui webinar. Biasanya cara ini diterapkan oleh blogger-blogger yang sudah profesional dan terpercaya di bidangnya.

Jika kita sudah membangun citra positif dan profesional di bidang yang kita geluti, cara ini juga bisa kita terapkan. Di webinar kita bisa berbagi ilmu dan pengalaman profesional kita. Tentu peserta webinar harus membayar biaya tertentu untuk bisa mendapatkannya.

7. Sumber Penghasilan Blog Lainnya
Selain dari beberapa jenis cara mendapatkan uang dari blog di atas, masih banyak cara yang bisa kita coba, berikut tiga diantaranya:

  • PayPal untuk menerima donasi – PayPal menyediakan tool yang dapat digunakan untuk keperluan donasi dari pengunjung website. Ini adalah cara terbaik memonetisasi untuk website non-profit.
  • Adnow – Dengan adnow kita dapat memasang iklan berupa text atau begambar bahkan keduanya. Jaringan iklan ini akan membayar setiap kali ada klik dari pengunjung. Meskipun baru akan menghasilkan bayaran yang cukup pada situs dengan banyak pengunjung, tidak ada salahnya kita untuk mencobanya.
Semoga artikel ini bisa membantu memahami cara dapat uang dari blog secara lengkap. (sumber)

Related Posts


close