Apa itu Micro Blog

Pengertian, Keuntungan dan Cara Menulis Micro Blog

Micro Blog
Di era digital seperti saat ini, mungkin kita sering melihat jenis postingan yang dikenal dengan Micro Blog. Dengan adanya popularitas ini, mungkin akan membuat kita ingin mengetahui cara membuat konten Micro Blog di Instagram seperti apa. ika kita menguasai jenis postingan ini, tentu kita dapat menambah variasi konten yang kita buat. Apalagi konten jenis Micro Blog ini cukup signifikan dalam menambahkan engagement di Instagram kita.

Sederhananya, Micro Blog adalah media publikasi yang secara spesifik berfungsi sebagai sarana penyampaian informasi. Lalu, biasanya jumlah kata dalam Micro Blog cenderung sedikit bila dibandingkan dengan blog pada umumnya. Jumlah kata pada jenis postingan ini tidak lebih dari 200 kata dan umumnya dikirim serta dipublikasikan dalam bentuk media elektronik, seperti: SMS, feed media sosial, Audio digital, website, dan lain-lain.

Nah, untuk kita yang ingin membuat konten serupa, jangan bingung. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan pengertian apa itu Micro Blog, keuntungan, serta cara menulisnyan dengan baik dan benar. Simak penjelasannya pada artikel ini

Pengertian Micro Blog

Jadi, Micro Blog adalah suatu bentuk blog yang memungkinkan penggunanya dapat menulis teks pembaharuan secara singkat dan biasanya kurang dari 200 karakter serta mempublikasikannya, baik pada semua orang atau kelompok terbatas yang dipilih oleh pengguna tersebut.


Pada jenis postingan ini, biasanya pesan-pesan ini dapat dikirim melalui berbagai cara, yaitu melalui SMS (Short Message Service), instant message, surat elektronik, serta digital audio.

Perbedaan Micro Blog dengan blog lainnya yaitu Micro Blog memiliki ukuran yang lebih kecil dari ukuran blog sebenarnya. Tetapi tujuannya tetap sama, yaitu pengguna dapat menulis topik tertentu.

Pengguna mikroblog juga dapat memberikan komentar kepada teks pembaharuan yang dibuat oleh pengguna lain dan begitu juga sebaliknya. Layanan ini juga dapat diunduh secara gratis (free).

Kemudian, tidak adanya kriteria-kriteria khusus untuk menggunakan layanan ini membuat semua orang di seluruh dunia bisa melakukan aktivitas menulis teks pembaharuan singkat dengan fasilitas yang diberikan oleh Micro Blog.

Di era digital seperti saat ini, Micro Blog telah mengalami perkembangan pesat serta menyediakan banyak fasilitas-fasilitas yang bisa pengguna manfaatkan.

Keuntungan Menggunakan Micro Blog

Setelah kita memahami apa itu Micro Blog, perlu kita pahami juga bahwa jenis postingan ini dapat memiliki keuntungan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Konten Lebih Mudah Dibuat
Microblog bisa disebut juga konten pendek, kita tidak perlu repot-repot menulis artikel panjang seperti pada postingan blog. Dengan bantuan jenis postingan ini, kita dapat menyampaikan konten yang kompleks dalam teks secara sederhana, jadi kita tidak perlu lagi bekerja keras membuat kata-kata yang banyak.

Dibandingkan dengan blog yang sudah tradisional, kita dapat juga membuat konten dengan lebih efisien serta teratur mengkomunikasikannya kepada audiens kita melalui media sosial.

2. Pemahaman Lebih Cepat
Karena isi Micro Blog tidak panjang, perlu kita ketahui bahwa Micro Blog lebih mudah dipahami oleh pembaca. Hal itu, tergantung pada keterampilan penyusunan huruf kita. Kemudian, orang akan lebih tertarik membaca informasi dalam format Micro Blog daripada artikel yang panjang lebar.

Satu hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan pemasaran adalah rentang perhatian mereka yang relatif pendek. Karenanya, jenis postingan ini adalah postingan yang tepat dalam menyampaikan atau mempromosikan sesuatu di Social Media pada kelompok ini.

3. Cocok Untuk Informasi Waktu Darurat
Ketika kita tiba-tiba ingin segera membagikan konten informasi, Micro Blog adalah pilihan yang ideal. Tidak butuh waktu lama untuk membuat jenis postingan ini, kita bisa langsung memberikan seputar informasi, apalagi informasi yang ingin kita sampaikan bersifat mendesak atau mendadak.

4. Berkomunikasi Secara Langsung
Selain bisa berbagi informasi lebih cepat dari blog tradisional, kita bisa mendapatkan respon serta masukannya secara lebih mudah dan cepat.

Fungsi komentar di berbagai platform media sosial yang tersedia di Micro Blog memudahkan kita untuk menemukan tanggapan dari pembaca Micro Blog yang kita bagikan di Social Media.

Tak hanya itu, mereka dapat membagikan jenis postingan ini kita dalam beberapa detik saja dengan membagikan, meneruskan, dan membuat blog ulang serta lainnya.

5. Jangkau Jutaan Pengguna Media Sosial
Riset menunjukkan bahwa pengguna Social Media harus mengakses sebuah internet, khususnya mengakses Social Media melalui smartphone. Biasanya, persentase kunjungan situs web melalui smartphone adalah 55,2%.

Dengan ponsel cerdas yang dimiliki semua orang, jalannya sebuah informasi menjadi lebih cepat dan lebih mudah, dan orang tidak selalu ingin menghabiskan terlalu banyak waktu untuk memperoleh informasi.

Sehingga, Micro Blog dapat menjadi media informasi yang cepat bagi pengguna Social Media. Selain itu, Micro Blog tentunya dapat meningkatkan brand awareness perusahaan tersebut.


Cara Menulis Micro Blog

Bila kita sudah memahami apa itu Micro Blog dan keuntugannya, kita juga harus memperhatikan cara penulisannya. Ketika kita berencana ingin menulis Microblog pada platfrom Instagram, kita mungkin bingung dan bertanya apa yang harus dilakukan terlebih dahulu.

Pertama, pertimbangkan dahulu apa yang akan kita tulis. Perlu diperhatikan juga, ketika membuat konten untuk jenis postingan ini, kita tidak perlu memikirkan apa yang harus ditulis.

Temukan informasi aktual dan penting dari blog atau situs website serta diskusikan dengan tim. Perlu kita ketahui juga untuk jangan menulis persis apa yang ada di blog, ubah kata-katanya saja.

Jika pada akhirnya kita memutuskan menulis artikel di blog atau situs orang lain, disarankan untuk menyertakan sumbernya.  Jika kita memiliki blog pribadi, itu akan lebih baik.

kita juga bisa menulis konten yang sesuai dengan konten akun Instagram kita. Misalnya, kita punya akun Instagram untuk bisnis toko bunga online atau toko bunga offline. Kemudian, jenis postingan ini juga akan membahas cara membuat karangan bunga handmade, keterampilan merawat bunga, serta jenis-jenis bunganya.


Namun, ketika kita buntu dalam penulisan, kita bisa menulis Micro Blog tentang kutipan dari orang-orang sukses, metode filter atau edit foto untuk umpan Instagram agar menarik, serta gaya hidup juga konten motivasi. Kuncinya, dalam membuat jenis postingan ini dapat memicu minat orang lain dan menghasilkan likes, comment, save, dan share.

Ketika Micro Blog dipublikasikan, jangan lupa untuk menyertakan tagar, agar pengguna Social Media Instagram lebih mudah menemukannya.

Kedua, setelah mempertimbangkan pada konten, pertimbangkan juga desain yang harus dilakukan. kita dapat menggunakan tools seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Canva, PicsArt. Untuk membuat desain Micro Blog, gunakan juga aplikasi desain yang sesuai dengan kemampuan kita.

Untuk membuatnya lebih bagus dan bermanfaat, kita dapat menambahkan gambar ke desain serta dapat menyesuaikan font.

Kesimpulan
Demikianlah penjelasan tentang Micro Blog, keuntungan, serta cara menulisnya yang perlu kita pahami. Bisa kita simpulkan bersama bahwa Micro Blog adalah bentuk konten yang dibuat sesimpel mungkin, agar apa yang menjadi tujuan penyampaian dapat dengan mudah dipahami oleh para pembaca. (sumber)

Related Posts


close