Cara Menerapkan SEO YouTube

Mengetahui SEO Youtube dan Cara Menerapkannya

Cara Menerapkan SEO YouTube
SEO YouTube sama pentingnya dengan SEO untuk halaman web/blog jika kita ingin konten kita dilihat. Meskipun konsepnya mungkin sama, SEO YouTube bekerja sedikit berbeda dari Google. Ada banyak alasan mengapa kita harus menginvestasikan waktu kita dalam mengerjakan SEO YouTube kita.

Dalam artikel ini, kita akan menemukan semua yang perlu kita ketahui untuk membuat strategi SEO YouTube yang hebat untuk akun kita.

Apa itu SEO YouTube?
SEO YouTube adalah proses mengoptimalkan saluran YouTube, metadata, deskripsi video, daftar putar, dan video kita. Setelah kita mengoptimalkan video kita, mereka akan dioptimalkan untuk mesin pencari YouTube serta mesin pencari luar seperti Google dan Bing.

YouTube harus menjadi bagian yang kuat dari strategi SEO kita jika kita ingin orang menemukan kita secara online karena ini adalah salah satu situs online terkuat. Statistik membuktikannya. YouTube adalah situs web online yang paling banyak dikunjungi kedua setelah Google menurut peringkat lalu lintas Alexa.

Pikirkan YouTube sebagai mesin pencari untuk video, dan karena ini adalah mesin pencari, ia hadir dengan aturan SEO-nya sendiri.

Bagaimana Cara Kerja SEO YouTube?

Karena Google memiliki YouTube, keduanya berbagi data secara otomatis. Ada manfaat besar untuk mengunggah video kita di YouTube dan ini adalah bahwa Google akan segera mengindeks video kita. Ini berarti kita tidak perlu menunggu bot untuk merayapi video kita, kita juga tidak perlu membuat peta situs video dan mengirimkannya.

Agar video kita diindeks tinggi di halaman peringkat YouTube, kita perlu menerapkan taktik SEO terbaik, seperti yang kita lakukan agar halaman web diindeks tinggi di Google. Google harus memahami tentang video kita, dan untuk melakukannya, kita perlu menambahkan teks untuk menjelaskan konten dengan baik.

Teks untuk video kita mencakup judul video, deskripsi, dan tag. Selain itu, teks tertutup juga merupakan kunci SEO YouTube yang hebat. Yang terakhir mendorong lebih banyak keterlibatan dan penayangan serta SEO.

Cara Mengoptimalkan Video untuk Youtube

Dengan jutaan video yang ditemukan di YouTube, mengoptimalkan video kita menjadi lebih penting. Ada banyak langkah untuk mengoptimalkan video kita dengan sempurna dan di bawah ini kita dapat menemukan panduan langkah demi langkah:

1. Mulailah dengan kata kunci
Mencari tahu kata kunci yang digunakan audiens target kita untuk menemukan konten yang mirip dengan konten kita adalah kunci untuk SEO YouTube. Prosesnya mirip dengan SEO untuk Google. kita perlu membuat daftar kata di niche kita dan kemudian menggunakan Google Keyword Planner untuk menemukan kata kunci dengan volume bulanan yang tinggi.

kita juga dapat menggunakan bilah pencarian di YouTube untuk melihat saran yang muncul saat kita mulai mengetik kata kunci.

Selain proses ini, ketika berhadapan dengan SEO YouTube, kita perlu mengambil langkah ekstra. Setelah kita menemukan satu set kata kunci yang ideal, masukkan kata kunci ini di Google dan lihat mana yang memunculkan video di bagian atas halaman SERP daripada situs web sebagai opsi. Kata kunci yang kita pilih idealnya memiliki ratusan pencarian bulanan.

2. Optimalkan judul video kita
Mirip dengan judul posting blog yang dioptimalkan, judul video kita juga harus dioptimalkan. Untuk melakukannya dengan baik, gunakan salah satu kata kunci kita sebagai bagian dari judul video kita.

Pakar SEO juga menyarankan kita menyebutkan solusi yang akan diberikan video dalam judul. Misalnya, “Cara membuat souffle: Metode sederhana dan cepat.”

3. Tulis deskripsi video kita
Sama seperti judul video kita, tambahkan kata kunci dalam deskripsi kita. Bot di YouTube akan menemukan kata kunci ini dan merayapinya, memberi video kita peluang lebih baik untuk mendapat peringkat lebih tinggi di halaman.


4. Optimalkan tag
Memberi tag berarti memasukkan kata kunci yang relevan saat mengunggah video kita sehingga kita dapat menghasilkan lebih banyak penayangan. Semakin relevan tag, semakin besar kemungkinan video kita dilihat. Misalnya, jika video kita tentang makeup, masukkan kata kunci seperti “produk kecantikan, tutorial makeup” dan lainnya. Hindari menggunakan terlalu banyak tag. Targetkan 10 hingga 12.

Untuk memasukkan tag, kita harus:
  • Kunjungi saluran YouTube kita
  • Klik pada pengaturan saluran
  • Klik “Info dan Pengaturan”
  • Masukkan tag kita di bidang tag, pisahkan kata-kata dengan koma.

5. Buat ajakan bertindak (CTA) agar orang dapat berkomentar
YouTube akan memberikan peringkat yang lebih tinggi untuk video populer, dan salah satu cara YouTube menentukan apakah suatu video populer adalah melalui komentar. Untuk YouTube, bagian komentar adalah metrik penting, jadi membuat orang mengomentari video kita harus menjadi prioritas kita.

Salah satu cara kita dapat mendorong orang untuk berkomentar adalah dengan menambahkan ajakan bertindak di akhir video agar orang-orang dapat berbagi pemikiran, kiat, atau cerita mereka terkait konten video. Menggunakan pertanyaan di akhir video adalah cara yang bagus untuk membuat orang memulai diskusi.


6. Buat orang-orang untuk subscribe
Metrik lain yang digunakan YouTube untuk menentukan peringkat popularitas adalah jumlah langganan di saluran YouTube. Memiliki banyak subscriber berarti orang-orang ingin melihat lebih banyak tentang kita dan ke YouTube, itu adalah metrik positif yang akan terbayar dalam hal peringkat.

Jadi, saat kita mengupload video, dorong orang untuk berlangganan saluran mereka. Beri mereka alasan untuk melakukannya. Beri tahu mereka bahwa kita akan mengunggah lebih banyak video yang akan mereka nikmati. Memberikan konten berkualitas kepada pemirsa juga akan memberi mereka alasan untuk berlangganan saluran kita.

Konten berkualitas di SEO YouTube lebih dari sekadar memecahkan masalah audines kita. Ini juga termasuk mengunggah video berkualitas. Ini dapat dengan mudah dilakukan. Saat ini, smartphone merekam video berkualitas tinggi, sehingga memungkinkan untuk membuat video yang bagus tanpa harus berinvestasi dalam banyak peralatan.

Fokus pada pencahayaan alami saat merekam video kita. Tangan yang stabil atau tripod akan membantu juga, dan kita bahkan mungkin mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam mikrofon untuk audio yang lebih jernih.

7. Sertakan closed captions
Closed captionssangat bagus untuk orang yang tuli atau sulit mendengar untuk menikmati video kita, tetapi teks ini juga bagus untuk SEO YouTube. Ini karena closed captions dapat dirayapi oleh mesin telusur.

Ini berarti bot mendeteksi teks saat teks pada halaman web terdeteksi, memberi kita peluang lebih baik untuk mendapatkan peringkat tinggi di niche kita. Jika kita memutuskan untuk menambahkan closed captions ke video kita, pastikan itu akurat.

8. Bagikan video kita
Saat kita membuat video YouTube, kita ingin memiliki kehadiran media sosial yang kuat di semua media sosial, tidak hanya di YouTube. Semakin banyak video kita dibagikan di media sosial, semakin tinggi peringkatnya.

Salah satu cara untuk mendapatkan lebih banyak pembagian adalah dengan mendorong pemirsa kita untuk membagikan video. kita juga dapat menyertakan tautan ke profil media sosial kita saat mengunggah video agar orang-orang mengikuti kita dan membagikan konten kita.

9. Tingkatkan waktu tonton kita
Metrik peringkat lain yang digunakan YouTube untuk mengukur popularitas video kita adalah waktu tonton. Semakin banyak waktu yang dihabiskan orang untuk menonton video kita, semakin baik kita menilai metrik peringkat YouTube. Cara terbaik untuk meningkatkan waktu tonton adalah dengan:
  • Posting pada waktu yang tepat untuk audiens kita
  • Janji sesuatu di akhir video
  • Tambahkan ketegangan
  • Beri tahu pemirsa apa yang dapat mereka harapkan
  • Tambahkan tautan di video kita agar pemirsa dapat menonton lebih banyak konten kita
  • Ajukan pertanyaan dan jawab di akhir video
  • Gunakan daftar putar

kita juga harus mempelajari laporan waktu tonton yang disediakan YouTube untuk melihat video mana yang berjalan dengan baik dan mana yang dapat ditingkatkan. Untuk melihat laporan kita, buka saluran kita dan klik Creator Studio. Temukan menu di sebelah kiri, klik Analytics, lalu klik Waktu tonton.

10. Tambahkan daftar putar
Daftar putar video akan meningkatkan waktu tonton kita dan memperkuat SEO kita. Ada banyak jenis playlist yang bisa kita buat. Misalnya, seorang pembuat roti dapat membuat daftar putar dengan serangkaian video yang merinci setiap langkah membuat kue pernikahan.

Jadi akan ada video tentang memanggang kue, lalu satu lagi tentang membuat frosting, satu lagi tentang mendekorasi kue dan banyak lagi.

11. Tingkatkan popularitas kita
Menjadi populer di YouTube mengarah ke audiens yang lebih besar, jumlah penayangan yang lebih tinggi, dan sebagai hasilnya, SEO yang lebih baik. Ini adalah beberapa cara terbaik untuk menjadi lebih populer di niche kita di YouTube:
  • Buat gambar pratinjau yang bagus: Gambar mini memberi tahu pemirsa tentang video tersebut sehingga kita meningkatkan peluang mereka mengeklik video kita
  • Beri nama file mentah kita: Sebelum mengunggah video kita di YouTube, gunakan kata kunci untuk memberi nama file video kita. Ini mungkin tidak berkontribusi langsung ke peringkat SEO kita, tetapi ini adalah cara lain untuk memberi tahu YouTube tentang video tersebut
  • Beri tahu pelanggan email kita: Manfaatkan daftar email kita. Dengan mengirimkan buletin yang menginformasikan audiens kita tentang konten baru kita, kita memberi video kita lebih banyak peluang untuk dilihat
  • Sematkan video kita: Jika kita memiliki blog, gunakan untuk menyematkan video kita di salah satu postingan blog kita.

Kesimpulan
Itulah beberapa tips SEO Youtube yang bisa kita adaptasikan dalam akun youtube pribadi atau bisnis kita. Dengen menggunakan tips diatas, kemungkinan visibilitas video yang kita unggah akan lebih besar ditonton oleh audiens target kita, dan proses pemasaran melalui youtube akan berhasil. (sumber)

Related Posts


close