Cara Kerja Algoritma Youtube 2022

Pahami Cara Kerja Algoritma Youtube [Terbaru 2022]

Algoritma Youtube 2022
Algoritma Youtube adalah salah satu faktor yang menentukan performa video serta channel Youtube kita. Algoritma juga salah satu penentu berapa banyak jumlah viewers hingga subsciber Youtube. Karena perannya yang begitu penting, sudah seharusnya kita para content creator Youtube mengetahui cara kerja algoritma Youtube untuk bisa membantu meningkatkan performa video.

Apa itu Algoritma Youtube?

Algoritma Youtube adalah sistem kerja Youtube dalam menentukan suatu video, apakah video tersebut layak dan berkualitas baik. Jika iya, maka selanjutnya Youtube akan merekomendasikan agar ditonton oleh pengguna.

Hal ini membantu pengguna agar mudah mendapatkan video yang tepat dan relevan, caranya yaitu dengan algoritma Youtube. Sederhananya, algoritma berperan sebagai filter atau penyortir video agar yang ditampilkan sesuai dengan kebutuhan penonton.

Perkembangan Algoritma Youtube

Sudah lebih dari 15 tahun Youtube berdiri, sejak 2005 algoritma Youtube mulai muncul dan terus berkembang setiap tahunnya. Di bawah ini kita bisa simak perkembangan algoritma Youtube hingga tahun 2022 yang terbaru.

2005 – 2011
Algoritma pertama dimulai pada tahun 2005 dan berakhir di tahun 2011. Algoritma tersebut yaitu dilihat dari jumlah klik dan views-nya. Semakin banyak jumlah klik pada sebuah video, maka akan semakin naik peringkat video Youtube-nya.

Namun, karena hanya mengacu pada klik dan jumlah tayangan. Semakin banyak video dengan judul yang clickbait dan mengakibatkan penonton merasa tertipu.

2012
Akibat dari algoritma sebelumnya, maka banyak video dengan jumlah klik banyak namun durasi menontonnya sedikit. Oleh karena itu, Youtube mengganti algoritmanya yaitu dengan lamanya waktu menonton. Sehingga video dengan durasi menonton yang tinggi akan lebih direkomendasikan oleh Youtube.

2015 – 2016
Cukup berbeda dari sebelumnya, Youtube tidak hanya berfokus pada jumlah tayang dan durasinya. Pada algoritma kali ini Youtube lebih fokus pada personalisasi pengguna.

Artinya, riwayat video yang ditonton audiens, riwayat pencarian, dan riwayat video yang ditonton hingga selesai akan mempengaruhi rekomendasi video untuk selanjutnya. Selain itu, Youtube juga melakukan survei tentang apa saja yang disukai dan tidak disukai pengguna.

2016 – sekarang
Seperti yang kita tahu, saat ini aktivitas monetisasi ads di Youtube semakin tinggi dan mengakibatkan pengguna Youtube yang bertambah banyak. Oleh karena itu, Youtube mengeluarkan kebijakan berupa peraturan pedoman komunitas.

YouTube membatasi konten yang kurang pantas, misalnya mengandung SARA, hoax, hal sadis dan masih banyak yang lain. Jadi, sebanyak apapun subscriber channel, jika terbukti terdapat video yang mengandung hal-hal terlarang tersebut, maka Youtube akan melakukan demonetisasi.

Bagaimana Algoritma Youtube Terbaru?

Setelah mengetahui perkembangan algoritma Youtube tiap tahunnya, lalu seperti apa algoritma terbaru YouTube saat ini? Berikut ini penjelasan detail mengenai algoritma yang terbaru begitu juga dengan algoritma Youtube Shorts.

Home
Home atau berkita merupakan halaman yang pertama kali dikunjungi, halaman ini menjadi salah satu yang menghasilkan trafik video yang tinggi. Semakin sering kita mengunjungi Youtube, maka halaman home akan semakin dipersonalisasi.

Video yang muncul di berkita berdasarkan pada data demografi yang Youtube kumpulkan tentang kita. Serta berdasarkan minat dan histori video yang ditonton.

Suggested videos
Suggested videos adalah video yang disarankan untuk ditonton. Ketika kita menonton video Youtube, di bagian sebelah kanan akan muncul berbagai rekomendasi yang bisa kita tonton selanjutnya.

Jika kita biarkan video saat ini berputar, maka video yang disarankan tadi akan otomatis diputar selanjutnya. Suggested videos ini muncul berdasarkan video apa yang sering ditonton bersamaan, apa relevansi antar video tersebut dan riwayat tontonan pengguna itu sendiri.

Search
Algoritma Youtube selanjutnya yaitu pencarian/search. Perlu kita ingat, bahwa video yang muncul tidak selalu memiliki penayangan terbaik. Bagaimanapun juga, Youtube merupakan mesin pencari milik Google, sehingga penting juga untuk memahami Youtube SEO agar peringkat video lebih tinggi.

Lantas, video apa saja yang dapat muncul pada halaman pertama Youtube? Video-video yang memiliki keyword yang relevan dengan judul, deskripsi, serta konten dan memiliki waktu tonton yang tinggi.

Trending
Selanjutnya yaitu tab trending, yang berisi kumpulan video populer dan banyak diputar pengguna saat itu. Hasil pada tab tersebut akan berbeda-beda tergantung pada lokasi negara pengguna.


Ada beberapa faktor yang mempengaruhi video masuk dalam halaman trending YouTube, diantaranya jumlah penayangan, tingkat pertumbuhan views, serta dari mana asal video tersebut.

Untuk membuat video kita muncul pada halaman trending, tentu tidak bisa dilakukan dengan cara membayar. Terus berusaha agar video kita diminati audiens sehingga masuk di trending.

Subsciber & subscription tab
Subsciber adalah pengguna yang berlangganan video kita secara gratis, mereka memilih untuk berlangganan dan melihat setiap kita upload konten terbaru. Semakin banyak yang subsribe channel kita, maka lebih besar potensi penayangan video kita.

Notifications
Notifikasi merupakan pemberitahuan yang dikirimkan baik lewat push notification ataupun email. Pemberitahuan ini berasal dari channel yang kita subscribe, yaitu berisi konten yang baru saja mereka upload.

Selain itu, pengguna juga dapat mengatur frekuensi mendapatkan notif. Kemudian setiap upload, pengguna maksimal mendapat notif 3 video saja.

Restricted mode
Mode terbatas merupakan fitur yang digunakan apabila terdapat konten yang berpotensi dewasa. Untuk menggunakannya, kita harus mengaktifkan terlebih dulu. Setelah itu Youtube akan menilai apakah konten mengandung bahasa dan gambar yang tidak senonoh, minuman keras, atau hal lainnya yang masuk dalam kategori konten dewasa.

Cara agar Video Direkomendasikan Youtube

Setelah mengetahui berbagai algoritma Youtube, selanjutnya ketahui juga bagaimana agar video kita direkomendasikan oleh mereka. Oleh karena itu, simak beberapa cara agar video kita bisa trending nomor 1 di YouTube berikut ini.

Tentukan Niche Video
Tips pertama yaitu tentukan niche untuk channel dan video kita. kita bisa tentukan jenis konten apa yang akan dibuat.

Contohnya channel seperti gambar di atas, channel tersebut memiliki niche beauty dengan membahas lip cream, maka dari itu sebisa mungkin buatlah konten yang masih relevan dengan niche tersebut. Sehingga Youtube juga lebih mudah mengenali konten channel Youtube kita.


Gunakan Judul yang Tepat
Judul merupakan hal yang pertama kali membuat audiens tertarik ketika hendak menonton Youtube. Maka dari itu, pastikan buat judul yang menarik dan menggambarkan isi konten yang akan disampaikan.

Dan perlu kita ingat, sebisa mungkin jangan buat judul yang terlalu mengada-ngada karena dapat membuat audiens kecewa.

Optimalkan Metadata Video
Cara lain agar video masuk trending 1 di YouTube adalah mengoptimalkan metadata. Metadata berupa deskripsi video, judul, serta tag. Pastikan semua hal tersebut mengandung keyword yang sudah kita riset sebelumnya.

Semakin banyak mengandung keyword, potensi untuk direkomendasikan semakin besar. Untuk merisetnya, kita bisa gunakan keyword tools gratis.

Gunakan Thumbnail yang Menarik
Jangan hanya berfokus pada keyword saja, thumbnail juga penting untuk kita maksimalkan. Karena bagaimanapun juga, visual membantu menarik perhatian audiens.

Selain gambar, kita dapat memasukan sedikit cuplikan konten pada thumbnail tersebut, menggunakan thumbnail dengan warna yang seragam, juga lebih mudah dikenali pengguna.

Konsisten Upload Video
Jika kita sudah membuat satu video Youtube, jangan berhenti di situ saja. Konsistenlah untuk terus meng-upload video kedepannya. Dengan membuat video secara rutin maka angka penonton kita juga akan meningkat dan loyalitas audiens akan terus tumbuh.

Penutup
Nah, itulah informasi tentang algoritma Youtube. Sekarang, kita sudah tahu seperti apa algoritma Youtube yang saat ini sedang berjalan. Meski algoritma tadi mungkin tidak sepenuhnya mutlak, tapi setidaknya informasi di atas dapat membantu kita memahami cara kerja YouTube menentukan peringkat videonya. Semoga artikel ini membantu, selamat mencoba! (sumber)

Related Posts


close