Cara Memperbaiki Duplicate Meta Tag

Cara Memperbaiki Duplicate Meta Tag

Duplicate Meta Tag
Meta tag merupakan salah satu komponen penting dalam membuat konten situs. Komponen ini tidak akan secara langsung memengaruhi posisi situs kita pada hasil pencarian Google.

Meski demikian, pada meta description, selain meta title dan judul situs kita adalah hal pertama yang dilihat seseorang ketika membaca hasil pencarian.

Meta tag menjadi penentu penting yang dapat membuat pengguna akan memutuskan akan mengeklik tautan menuju situs kita ataukah tidak. Sayangnya, karena meta tag tidak terlihat secara nyata di halaman situs, sering kali komponen ini terlupakan.

Masalah lainnya adalah menulis meta description yang terlalu panjang sehingga malah terpotong pada hasil pencarian, atau terjadi duplicate meta tag.

Artikel ini akan membahas secara terperinci tentang apa itu duplicate meta tag, mengenali pengaruhnya terhadap situs kita dan cara memperbaiki masalah tersebut.


Mengapa Duplicate Meta Description dan Meta Title Tidak Baik?

Meta description dan meta title sangat penting untuk mengoptimalkan SEO situs kita. Duplicate meta description dan meta title membuat semua halaman postingan di situs kita terlihat sama pada mesin pencari sehingga membuat pengguna menjadi bingung dan kemungkinan besar tidak akan memilih laman kita.

Memperbaiki meta tag SEO akan meningkatkan pengalaman pengguna dan kinerja situs kita. Pada akhirnya, hal ini pula yang membuat situs kita mudah direkomendasikan oleh mesin pencari dan menarik bagi para pengguna.

Oleh karena itu, setiap halaman situs kita harus memiliki meta description dan meta title yang unik.

Jika kita belum bisa menulis Meta description yang unik dan menarik, maka lebih baik jangan menambahkannya dulu. Situs tanpa meta description justru akan lebih baik daripada situs dengan duplicate meta description dan meta title.

Cara Menemukan Duplicate Meta Title dan Meta Description

Sebeum mulai memperbaiki masalah ini, pertama kita harus mencari tahu dulu mana halaman pada situs kita yang memiliki duplicate meta title dan description. Caranya, kita harus membuka Google Search Console. Selanjutnya, klik menu Dashboard, selanjutnya klik menu Search Appearance, kemudian pilih tab HTML Improvements.

Di bawah tab HTML Improvements, kita akan melihat tiga opsi, yaitu Meta description HTMT improvements, title tag, dan non-indexable content. Pada menu meta description HTMT improvements, akan terdapat tiga keterangan lagi yaitu Duplicate meta descriptions, long meta descriptions, dan short meta descriptions.

Jika tidak ada masalah dalam meta deskripsi kita, maka ketiga keterangan ini akan menunjukkan angka nol. Sebaliknya, jika ada masalah, maka ketiga keterangan tersebut akan menunjukkan angka banyaknya masalah dari masing-masing keterangan tersebut.

Untuk menemukan halaman yang memiliki duplicate description, kita tinggal klik pada teks keterangan tersebut. Seteah diklik, kita akan melihat duplikasi deskripsi tersebut dan tautan atau laman yang bermasalah.


Cara Memperbaiki Duplicate Meta Tag di WordPress

Ada beberapa metode yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki duplicate meta description di WordPress jika menggunakan Yoast SEO plugin. Berikut ini beberapa metodenya

1. Solusi yang tepat untuk homepage statis dan postingan terbaru
Pada menu pengaturan Titles & Metas – Yoast SEO, kita tinggal memasukan teks tetap di bagian Homepage Meta Description dengan menambahkan %%page%% di akhir teks. Cara ini mengatasi masalah duplikasi untuk postingan yang memiliki lebih dari satu halaman.

2. Tidak direkomendasikan di kebanyakan kasus
Metode ini mengharuskan kita mengaktifkan excerpt support pada situs WordPress kita terlebih dahulu. Selanjutnya, gunakan template meta description dan jangan menggunakan fixed text. Metode ini cocok jika situs WordPress kita menggunakan halaman statis sebagai homepage.

Untuk kondisi ini, gunakan template %%excerpt%% %%sep%% %%page%% pada tempate meta deskripsi. Jangan lupa untuk mengatur rangkuman halaman statis yang kita gunakan sebagai homepage.


3. Tanpa indeks untuk postingan dengan lebih dari satu halaman
Pada menu Titles & Metas – Yoast SEO, terdapat menu Sitewide meta settings di bawah tap other. Di sana kita akan menemukan tombol untuk subpages of archives. Pilih opsi noindex untuk menghilangkan duplicate meta description pada postingan dengan lebih dari satu halaman.

Kesimpulan
Meta tag masih menjadi komponen penting dalam optimasi On Page SEO suatu situs, meskipun terkadang melengkapi dan mengatur komponen ini tidaklah mudah. Setiap perbaikan pada HTML improvements akan membuat performa situs kita di mesin pencari menjadi semakin baik.

Oleh karena itu, pastikan kita memperbaiki setiap masalah dengan meta tag baik itu berupa duplicate meta description atau title, meta description atau title yang terlalu panjang maupun terlalu pendek.

Memperbaiki semua masalah tersebut akan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi para pengunjung situs kita serta membuat kinerja situs menjadi lebih baik. (sumber)

Related Posts


close