Cara Agar Artikel Terindex dengan cepat

Ada banyak cara agar artikel terindex Google dengan cepat.

Cara Agar Artikel Cepat Ter-index

Upaya ini diperlukan agar semakin banyak view yang datang dan trafik pengunjung semakin meningkat. Jika artikel kita berada di halaman pertama pencarian, maka akan semakin banyak pengunjung yang akan mampir ke halaman artikel kita.

Cara mempercepat indeks rangking agar artikel sampai di halaman pertama
Gunakan beberapa tips di bawah ini agar artikel yang kita buat cepat terindeks Google
.

Mendaftarkan ke Google Webmaster

Agar bisa terindeks Google dengan cepat, kita harus mendaftarkan platform yang kita milik dalam Google webmaster. Langkah pertama, kunjungi laman https://www.google.com/webmasters/ kemudian bisa ditautkan dengan Google Search Console (GSC).

Secara umum, Google Search Console adalah sebuah layanan gratis yang ditawarkan Google untuk memudahkan pemantauan dalam semua kegiatan di dalam situs. GSC juga menawarkan fasilitas agar bisa memecahkan masalah yang terdapat dalam sistem yang dibaca oleh Google Telusur.

Belajar tentang SiteMap dan Penerapannya

SiteMap dibuat untuk memetakan dan mengindeks website dan artikel supaya pembaca lebih cepat menemukan artikel yang dibuat. Adapun jenis-jenis SiteMap antara lain sebagai berikut.

1. Video SiteMap
Gunakanlah Video SiteMap bila ingin memaksimalkan indeks dalam video yang ditautkan di dalam blog. Artikel yang memiliki embed video Youtube tentu akan lebih cepat dideteksi jika menyelipkan sitemap satu ini dalam penerapannya.

2. Normal XML SiteMap
Normal XML SiteMap menjadi salah satu jenis sitemap yang paling sering digunakan untuk blog dan website. SiteMap ini dapat ditautkan dalam berbagai platform, sehingga artikel terindex Google lebih cepat, dan dapat menarik lebih banyak pengunjung, sesuai dengan target market yang dituju.

3. News SiteMa
Sitemap ini lebih khusus ditujukan untuk konten berita. Jika kita menyelipkan sitemap satu ini, maka Google akan lebih cepat dalam mengindeks konten, terlebih bila situs yang dicantumkan sudah disetujui oleh Google News.

Jumlah Kata dalam Artikel Minimal 300 Kata

Jumlah kata yang bisa dioptimasi melalui Google, paling sedikit berjumlah 300 kata. Angka tersebut adalah patokan untuk menjadikan artikel lebih cepat terindex Google. Artikel ideal yang cukup baik berkisar 500-1000 kata. Kita bisa menempatkan keyword untuk mendukung SEO artikel dengan lebih baik.

Mempertimbangkan Penggunaan Tautan dari HTTPS/SSL

Tautan dari URL yang terenkipsi SSL atau HTTPS biasanya akan diakui secara resmi oleh Google sebagai laman yang terpercaya. Sebuah internal link yang diselipkan dalam sebuah artikel juga berkaitan dengan dengan URL dalam sebuah situs. Oleh karena itu, jika kita ingin artikel terindex Google dengan cepat, pertimbangkanlah penggunaan tautan dari HTTPS atau SSL dengan bijaksana.

Membuat File Berbasis Robots.txt

File yang terangkum dalam tautan Robots.txt akan memberitahukan pada Google Bot mengenai hal-hal terkait yang memerlukan pengindeksan. Data dalam file Robots.txt akan dikonversi sehingga artikel lebih cepat sampai pada pembaca. Gunakanlah metode ini agar artikel dalam blog lebih cepat terindeks Google.

Menyiasati Indexing Error dalam Artikel

Indexing Error merupakan kesalahan yang terjadi dalam pengindexan laman. Salah satu eror yang paling banyak ditemukan pengguna website adalah 404 Error, yakni kesalahan saat pemantauan Google telah sampai dalam satu halaman website 404 error. Artikel yang berhasil biasanya berkode 202, tetapi tidak tercantum dalam webiste karena akan langsung diarahkan pada situs-situs terkait.

Masalah lain yang mungkin terjadi yakni kendala Server Error. Kesalahan ini menunjukkan bahwa server sedang mengalami masa time out, sehingga tidak bisa merespon pergerakan yang terjadi dalam blog. Tools bernama Fetch as Google bisa membantu masalah ini dengan melaporkannya ke dalam sistem untuk dimonetisasi lebih lanjut. Bila sistem menyatakan tidak ada masalah, artinya server eror hanya berlaku sementara saja.

Berupaya Membangun Kualitas Backlink yang Mumpuni

Langkah lain dalam membuat artikel terindex Google dalam satu menit yakni berupaya untuk membangun backlink yang berkualitas. Gunakanlah backlink yang masih relevan dengan niche yang kita kelola. Hal ini akan membuat artikel kita terangkat karena bersinergi dengan link lainnya.

Ada baiknya bila kita menggunakan backlink yang tidak mengandung unsur spam di dalamnya. Cara mudah dalam membangun kualitas backlink yang mumpuni yakni melakukan blogwalking pada situs lainnya. Kita bisa menyelipkan komentar pada blog orang lain yang masih berhubungan dengan tema besar dalam blog yang kita moliki.

Menyajikan Artikel SEO-Friendly

Agar artikel terindex Google dalam satu menit, salah satu upaya yang bisa dilakukan yakni menyajikan artikel yang berbasis SEO Friendly. Meski metode ini dilakukan untuk menaikkan pengunjung secara organik, tidak ada salahnya untuk dicoba. Selain menggunakan cara SEO On Page, maksimalkanlah upaya menaikkan artikel dengan sistem SEO Off Page.

Hindari beberapa kesalahan yang biasanya dilakukan pemula dalam menuliskan konten SEO friendly dalam blognya. Gunakan aplikasi seperti Yoast SEO untuk mempermudah kita dalam menentukan standar SEO Google yang terdapat dalam blog yang kita kembangkan.

Menginstal Google Analytics

Keberadaan Google Analytics akan membantu blogger dalam meninjau pergerakan blog lebih menyeluruh. Google Analytics bertugas melakukan moneterisasi pergerakan pengunjung yang membaca dan mengeklik artikel yang telah diunggah. Hasil dari penelusuran ini akan menjadi catatan dalam crawling Google, sehingga artikel dalam blog dapat terdeteksi dalam satu menit.

Dengan memperhatikan cara artikel terindex Google dalam satu menit di atas, kita akan segera dapati kepadatan trafik yang terbaca jelas dalam website. Pergerakan yang siginifikan dalam sebuah website akan semakin cepat meraih banyak angka baru, baik dari sisi pengunjung maupun edrank artikelnya, sehingga semakin baik untuk performanya.

Demikian postingan kali ini semoga dapat berguna bagi kita semua.

Related Posts


close