Penyebab trafik blog turun

Ini dia Penyebab trafik blog menurun

Penyebab trafik blog turun
Faktor faktor yang mempengaruhi terjadinya penurunan visitor secara tiba-tiba kemungkinan dari pihak teknis kita ataupun dari luar, sangat penting untuk selalu diperhatikan agar visitor blog tidak anjlok secara drastis.

Karena mempertahankan atau meningkatkan trafik pengunjung bukanlah hal mudah, perlunya optimasi SEO yang optimal supaya blog makin banyak yang mengujungi. Apalagi untuk blog yang tergolong baru dengan trafik skala kecil, perlu usaha keras untuk meningkatkan visitor, dan juga untuk blog lama yang sudah memiliki trafik pengunjung besar kemudian juga bisa menurun drastis.

Hal seperti ini yang memiliki penyebab masalah tersendiri perlunya mengetahui faktor penyebab trafik pengunjung yang turun drastis sebelum mengatasinya, untuk itu kita akan bahas beberapa kemungkinan trafik blog turun.

Penyebab Trafik Pengunjung Blog Turun Drastis

Wajar saja jika terkadang kita mendapati trafik blog yang mengalami penurunan yang signifikan dan terkadang juga mendapati trafik pengunjung yang tinggi, hal seperti ini memang sudah menjadi suatu hal yang biasa bagi para blogger. Tidak lain apabila trafik merosot secara drastis dan dalam jangka waktu lebih dari hari-hari biasa, perlunya mengetahui faktor penyebab untuk mengatasi masalah ini.

Berikut penyebab trafik blog turun.

1. Konten Blog Musiman
Konten blog atau artikel dari blog yang mengusung topik musiman hanya akan bertahan saat musimnya saja dan akan berakhir jika musim topik dalam artikel tersebut sudah lewat, penggunaan keyword pun hanya akan banyak dicari saat musimnya dan seiring waktu keyword dengan konten tersebut akan sepi bahkan tidak ada yang mencari dan akan tertinggal dengan adanya topik-topik baru,

contoh konten musiman ini adalah konten berita ataupun hal viral lainnya.

Jika kita membuat konten seperti ini trafik pengunjung hanya akan naik saat topik tersebut sedang ramai di beritakan dan di perbincangkan banyak orang, berita viral akan mendapati usainya jika masalah tersebut selesai atau sudah tidak lagi di perbincangkan.

dengan begitu, konten blog yang seperti ini yang dimaksud dengan konten musiman, hanya akan naik trafiknya, pengunjungnya, pada waktunya dan banyak dicari saat musimnya saja dan akan turun drastis jika sudah selesai musimnya.

2. Baru Mengganti Domain Blog
Dengan domain blog kita dapat diakses dan ditemukan di mesin telusur, jelas sekali jika kita baru berganti domain blog yang kita punya akan dianggap sebagai blog baru, untuk itu perlu untuk mendaftarkan lagi ke google web master untuk dapat di indeks oleh mesin telusur.

Perlunya pengindeksan ulang ke search engine dan hal ini membutuhkan waktu yang kiranya cukup lama untuk benar-benar terindeks.

3. Sering Berganti Template Blog
Pengaruh buruk jika kita sering mengganti template blog mempengaruhi rank di mesin penelusuran, template sangat berpengaruh dalam membantu pengindeksan di google console. Dengan data struktur template google boot dapat merayapi blog kita, untuk dapat di indeks dan ditempatkan sesuai dengan penilaiannya.

Berganti-ganti data struktur template mengakibatkan penurunan rank di serap walaupun dengan konten artikel yang seo pun.

4. Pengotimasian SEO Blog Berlebih
Optimasi seo sangat dibutuhkan untuk mendapat rank terbaik di mesin telusur, dengan optimasi yang diterapkan dalam on page ataupun off page dengan porsi yang sesuai, supaya mendapatkan hasil yang sesuai juga.

Terkadang kita beranggapan jika semakin banyak melakukan optimasi maka akan baik pula untuk mendapatkan rank di penelusuran, tapi sepertinya ini yang salah. Optimasi yang over dapat mengakibatkan pengaruh buruk, gunakan optimasi sesuai dengan aturannya. Segala sesuatu yang berlebih itu tidak baik.

5. Trafik Turun Karena Algoritma Google Update
Pergantian algorima google menjadi alasan yang dapat mempengaruhi turunnya trafik pengunjung, google akan selalu mengupdate algoritmanya untuk memperbaiki kelemahan yang yang sebelumnya terjadi untuk membuat mesin pencari dapat menampilkan hasil yang lebih relevan.

Update secara tiba-tiba mengakibatkan penurunan trafik yang drastis, untuk mengatasinya hanya cukup menyesuaikan dengan apa yang diperlukan algoritma terbaru google.

Untuk dapat mengatasi masalah perlunya mengetahui dan memahami kemungkinan penyebab masalah itu timbul. demikian postingan kali ini segomoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Related Posts


close