7 Cara Meningkatkan SEO

7 Cara Menaikkan SEO untuk Meningkatkan Peringkat Web


Cara menaikkan SEO terbilang susah-susah gampang. Namun, sebagai seorang blogger, kita wajib tahu tentang dunia SEO. Hal ini karena adanya SEO bisa membantu menaikkan peringkat web. Alhasil, blog kita bisa berada di pencarian teratas. Dengan begitu, blog kita akan mempunyai banyak pengunjung.

Nah, bagi kita yang menginginkan hal tersebut, ada beberapa caranya untuk menaikkan peringkat web melalui SEO. Berikut beberapa cara mudahnya yang wajib dicoba oleh blogger pemula seperti kita.

1. Cara Menaikkan SEO Melalui Riset Keyword

Salah satu cara yang bisa kita coba untuk menaikkan SEO adalah riset keyword atau kata kunci. Dalam sebuah blog atau website, sangat penting untuk mempunyai konten dengan kata kunci yang sesuai. Karena melalui kata kunci itulah sebuah website bisa naik dengan cepat. Itulah kenapa banyak yang bersaing menggunakan kata kunci populer dalam konten.

Saat melakukan riset keyword, ada beberapa kemungkinan yang harus kita tahu. Mulai dari membuat konten yang banyak dicari pengunjung, memenuhi kebutuhan pasar, sampai memahami cara menaikkan trafik situs. kita tidak perlu khawatir saat melakukan riset keyword.

kita bisa menggunakan beberapa tools yang membantu kita mendapatkan kata kunci populer dan banyak dicari. Namun, tetap ada beberapa hal mendasar yang harus kita tahu saat melakukan riset kata kunci. Pertama, kita harus membuat daftar target keyword yang berkaitan dengan topik.

Kedua, kita bisa melakukan riset kompetitor dengan mencari volume pencarian tertinggi, tapi nilai persaingannya masih rendah. Selain fokus pada kata kunci utama, kita juga harus mencari kata kunci turunan yang relevan dengan kata kunci utama.

2. Cara Menaikkan SEO dengan Meningkatkan Kecepatan Website

Salah satu hal yang dapat mempengaruhi peringkat web adalah kecepatan pada website itu sendiri. Pastinya banyak sekali pengunjung yang menginginkan website mudah dibuka tanpa harus menunggu waktu lama. Namun, tidak sedikit juga website yang loading-nya lambat. Alhasil, pengunjung akan langsung pergi tanpa sempat membaca informasi milik kita.

Meski konten yang kita buat lebih bagus dan informatif dibandingkan website lain, pengunjung lebih memilih membaca konten di website yang cepat meski kurang infonya. Selain itu, website yang loading lambat akan masuk blacklist di mata pengunjung. Jadi, jika kita ingin menaikkan SEO, tingkatkan kecepatan website kita.

3. Menaikkan SEO dengan Optimasi Gambar

Cara lainnya yang bisa membantu untuk menaikkan SEO dalam website adalah melakukan optimasi gambar. Apakah kita pernah menemukan sebuah konten tanpa gambar sama sekali? Tentunya konten tersebut akan terasa kurang menarik, bukan? Hal ini karena konten hanya berisi tulisan dan paragraf saja.

Alhasil, pengunjung merasa malas dan mencari website lain. Adanya gambar dalam konten memberikan nilai tersendiri. Konten akan terasa lebih segar dan nyaman dibaca. Selain itu, gambar juga bisa membantu pengunjung dalam memahami poin dalam konten. Namun, terkadang banyaknya gambar bisa membuat web menjadi lambat.

Itulah kenapa kita harus melakukan optimasi gambar. Cara ini pastinya masih sering diabaikan, padahal sangat penting untuk diperhatikan. kita bisa melakukan optimasi gambar dengan cara manual atau pun cara otomatis.

4. Cara Menaikkan SEO dengan Memperbaiki Link Rusak

Faktor lainnya yang membuat sebuah peringkat website menurun lantaran adanya link rusak. Pernahkah kita membuka website lalu menemukan kata eror atau muncul halaman 404? Bisa dibilang itu karena link yang rusak atau adanya tautan kadaluwarsa. Tentunya kita akan merasa kesal atau malas, bukan setelah menemukan hal terebut?

Nah, jika kita tidak ingin pengunjung kita merasakan hal tersebut, maka kita bisa memeriksa tautan artikel yang diterbitkan. Pastikan tautan link internal atau eksternal bisa diakses agar pengunjung bisa membaca konten serupa lainnya.

5. Menggunakan Website Mobile Friendly

Cara lainnya yang bisa kita coba untuk meningkatkan SEO adalah dengan menggunakan website yang mobile friendly. Saat ini banyak pengunjung yang melakukan akses menggunakan smartphone dibandingkan dari komputer atau laptop. Alhasil, tampilan website menjadi salah satu hal yang diperhatikan dalam menetapkan rangking pencarian.

Tidak semua tema yang kita terapkan di website mempunyai fitur yang sesuai dengan mobile friendly. Oleh karena itu, kita harus memastikan agar tampilan website di smartphone sangat nyaman dibaca dan mudah digunakan.

6. Cara Menaikkan SEO dengan Memanfaatkan Sosial Media

Tahukah kita jika sosial media menjadi salah satu hal yang harus kita perhatikan untuk meningkatkan SEO? Hal ini karena media sosial bisa meningkatkan trafik situs dan SEO. Saat kita membuat sebuah konten, lalu kita membagikannya di sosial media, maka konten kita akan banyak diakses dan dinikmati khalayak ramai.

Dengan begitu, semakin besar pula kemungkinan untuk konten kita dibagikan oleh pengunjung. Namun, untuk bisa membuat pengunjung membagikan postingan, kita harus membuat konten yang bagus, menarik, dan berkualitas. Tentunya juga sesuai standar SEO agar semakin banyak disukai.

7. Melakukan Optimasi Meta Tag

Cara lainnya yang bisa kita coba untuk meningkatkan SEO adalah melakukan optimasi meta tag. Meta tag adalah strategi yang membantu website untuk muncul pada halaman pertama pencarian. Dengan kata lain, meta tag bisa memberitahukan mesin pencari tentang konten yang ada dalam website kita.

Melakukan optimasi meta tag bisa dilakukan dengan meta title, meta description, dan meta keyword. Meta title adalah kata kunci yang disisipkan di judul, sementara meta description adalah kata kunci yang disisipkan di deskripsi. Meta keyword adalah kata kunci yang disisipkan pada bagian informasi atau isi konten.

7 cara menaikkan SEO di atas bisa kita coba jika ingin meningkatkan peringkat website. Tidak perlu lagi bingung atau merasa sulit untuk menaikkan SEO. Hal terpenting adalah kita serius menekuni profesi blogger agar pekerjaan terasa lebih mudah dan menyenangkan.

Related Posts


close