Apa itu SEM dan SEO

Perbedaan SEM dan SEO Lengkap Manfaatnya!

Perbedaan SEM dan SEO

Tidak semua orang memahami perbedaan SEM dan SEO, karena keduanya termasuk istilah yang belum umum. Bagi kamu yang menjalankan bisnis di bidang digital, mungkin pernah mendengar istilah tersebut namun kurang mengetahui perbedaannya.

SEM dan SEO merupakan salah satu strategi digital yang biasanya digunakan untuk mengoptimalkan bisnis. Meski SEM dan SEO sama-sama bermain pada ranah search engine, namun keduanya memiliki perbedaan. Nah, buat kamu yang penasaran perbedaan antara SEM dan SEO, berikut ulasan lengkapnya.

Pengertian SEM

Search Engine Marketing atau disingkat SEM merupakan salah satu bentuk pemasaran digital melalui kegiatan promosi website. SEM hampir mirip dengan SEO karena menampilkan website pada halaman pertama pencarian Google. Namun perbedaan SEM dan SEO terletak pada cara penggunaannya.

Pada SEM, kamu harus mengeluarkan biaya untuk iklan jika ingin mendapatkan peringkat pertama hasil pencarian. Salah satu media yang bisa digunakan untuk melakukan SEM yaitu Google Adwords. Dengan menggunakan Google Adwords, maka website kamu akan berada di halaman pertama hasil pencarian Google.

Jika ingin menerapkan SEM untuk menaikkan traffic, kamu harus menyiapkan berbagai hal pada website. Hal ini bertujuan agar SEM lebih optimal. Ada pun hal yang harus disiapkan, yaitu sebagai berikut.
  1. Siapkan kata kunci yang relevan untuk website. Hal ini bertujuan agar memudahkan pengguna internet saat mencari di Google dengan kata tertentu. Sehingga saat pengguna mencari kata relevan dengan kata kunci, maka akan muncul website yang akan menerapkan SEM tersebut.
  2. Memberikan keterangan harga pada iklan yang terdapat di website.
  3. Menyajikan lokasi atau letak geografis pada iklan di website yang akan menerapkan SEM.

Itulah 3 hal yang harus dipersiapkan sebelum menerapkan SEM pada website. Hal ini bertujuan agar pembayaran yang dilakukan tidak sia-sia, sehingga performa website lebih optimal.

Manfaat SEM untuk Bisnis

Setelah mengetahui arti SEM, selanjutnya yaitu manfaat SEM untuk bisnis. Baik SEM dan SEO, keduanya memiliki manfaat masing-masing untuk website. Terdapat banyak manfaat SEM untuk website bisnis, 2 diantaranya sebagai berikut.

  • Target Bisa Tercapai
Manfaat SEM yang pertama yaitu target bisa tercapai. Dengan menerapkan SEM, kamu akan mendapatkan pemasaran yang lebih spesifik dan relevan dengan produk bisnis. Selain itu, penerapan SEM juga bisa meningkatkan traffic website, sehingga keuntungan yang didapatkan semakin besar.

  • Kontrol Lebih Menyeluruh
Kontrol lebih menyeluruh termasuk manfaat penerapan SEM pada website. Kamu bisa mengontrol biaya, timeline, dan hasil yang diinginkan. Selain itu, kamu juga bisa mengontrol sepenuhnya mulai dari pemilihan kata kunci hingga jenis iklan yang diinginkan.

Pengertian SEO

Setelah membahas mengenai SEM, selanjutnya yaitu SEO. Search Engine Optimization atau disingkat SEO adalah proses optimasi website agar bisa meningkatkan peringkat di hasil pencarian seperti Google.

Perbedaan SEM dan SEO terletak pada biayanya, yaitu SEM harus mengeluarkan biaya, sedangkan SEO tanpa biaya. Namun keduanya memiliki persamaan, yaitu bisa meningkatkan traffic di hasil pencarian.

Jenis-Jenis SEO

Terdapat 2 jenis dalam SEO, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Kedua jenis SEO ini sangat penting dan saling berkaitan. Jadi agar website semakin optimal, maka kamu harus menerapkan kedua jenis SEO ini. Agar lebih jelas, berikut ulasan mengenai SEO On Page dan SEO Off Page.

SEO On Page

SEO On Page merupakan salah satu langkah optimasi SEO pada website yang dilakukan di dalam website itu sendiri. Dalam penerapan SEO On Page, terdapat berbagai faktor yang harus diperhatikan, yaitu sebagai berikut.
  1. Memasukkan target kata kunci secara alami di dalam judul, tag, meta deskripsi, heading, dan lain sebagainya
  2. Memperhatikan topik konten sesuai dengan aturan SEO
  3. Merapikan format dan nama URL pada website
  4. Memperhatikan Search Intent pada konten
  5. Mengoptimalkan kecepatan website

SEO Off Page

Setelah mengetahui SEO On Page, selanjutnya yaitu SEO Off Page. SEO Off Page merupakan salah satu langkah optimasi SEO pada website yang dilakukan di luar website. Dalam penerapan SEO Off Page, terdapat 2 faktor yang harus diperhatikan, yaitu sebagai berikut.
  1. Menambahkan blacklink berkualitas pada konten dengan tetap memperhatikan keaslian dan kualitas blacklink
  2. Meletakkan link secara tepat di konten.

Manfaat SEO Pada Website

Setelah mengetahui pengertian dan jenis SEO, selanjutnya yaitu manfaat SEO pada website. Terdapat berbagai manfaat yang didapatkan dari penerapan SEO, 2 diantaranya sebagai berikut.

  • Website Mudah Ditemukan
Manfaat penerapan SEO yang pertama yaitu website mudah ditemukan dengan menggunakan kata kunci. Hal ini tentu memberikan keuntungan, karena bisa menjangkau lebih banyak pengguna menggunakan kata kunci yang berhubungan dengan topik utama.

  • Bisa Menaikkan Traffic
Manfaat penerapan SEO selanjutnya yaitu bisa menaikkan traffic website. Seperti yang diketahui, traffic yang meningkat tentu bisa memberikan banyak keuntungan. Salah satunya yaitu bisa meningkatkan jumlah pengunjung pada website.

Perbedaan SEM dan SEO

Setelah mengetahui pengertian SEM dan SEO, selanjutnya yaitu perbedaan anatara keduanya. Terdapat 4 perbedaan antara SEM dan SEO yang bisa kamu jadikan pertimbangan agar bisa memilih sesuai kebutuhan. Ada pun 4 perbedaan tersebut antara lain sebagai berikut.
  1. SEM berbayar dan SEO gratis
  2. SEM memperoleh hasil lebih cepat
  3. Perbedaan SEM dan SEO selanjutnya yaitu pada SEM terdapat tulisan “iklan”, sedangkan SEO tidak ada
  4. Potensi klik SEO lebih besar dibandingkan SEM.

Setelah mengetahui perbedaan SEM dan SEO, maka kamu bisa memilih salah satu diantaranya untuk diterapkan pada website. Baik SEM maupun SEO, keduanya memiliki kelebihan dan manfaat masing-masing untuk meningkatkan traffic website.

Related Posts


close