9 Langkah Menjadi Content Creator

Langkah untuk Membangun Karier Sebagai Content Creator

Nah, jika kita tertarik dengan pekerjaan yang satu ini, berikut ini adalah beberapa cara menjadi Content Creator yang perlu kita ketahui.

1. Pelajari audiens dari industri yang kita geluti
kita perlu menyadari bahwa bekerja sebagai kreatif di dunia bisnis membuat kita takluk dengan keinginan dan kebutuhan audiens yang kita miliki. Kreativitasmu harus terus mengikuti pola keinginan dan kebutuhan audiens untuk menjaga serta menambah massa mereka.

Oleh sebab itu, cara menjadi content creator selanjutnya adalah mampu mempelajari perilaku audiens dari industri yang kita geluti sedalam mungkin. kita mungkin saja dapat menemukan ketertarikan dan peluang kreatif baru yang tidak sengaja ditemukan berkat keinginan atau kebutuhan mereka.

Salah satu kualitas terbaik dari Content Creator yang sukses adalah mereka mengetahui audiens-nya luar dan dalam. kita juga harus mampu meneliti keinginan dan kebutuhan dari audiens yang belum mampu kita penuhi. Dalam menilai hal tersebut, sebagai Content Creator kita dapat mengelompokkan audiens berdasarkan usia, gender, lokasi, anggota keluarga, profesi, hingga gaji. Jadi, proses penilaianmu juga akan lebih mudah dan terorganisir.


2. Belajar membuat konten yang berkualitas
Sebagai ahli pembuat konten, kita harus mampu secara profesional menciptakan beragam konten dengan kualitas terbaik yang dapat kita berikan. Lalu, seperti apa konten yang dapat dinilai berkualitas?

Menurut Google, konten yang berkualitas harus mampu menyuguhkan informasi secara detail namun tidak bertele-tele. Selain itu, konten tersebut juga harus ditulis dengan tata bahasa yang baik dan telah disunting untuk dipastikan kualitas bahasanya.

Tidak hanya itu, konten yang berkualitas juga perlu mengedepankan user experience. User harus mampu merasa nyaman dan tidak terganggu ketika melihat, mendengar, atau membaca konten yang kita buat. Biasanya sebagai Content Creator, kita juga tidak hanya akan fasih membuat konten tulisan tetapi juga menghandle Content Creator Youtube yang tugasnya membuat konten di YouTube.

3. Selalu update dengan kondisi terkini dari industri yang digeluti
Usahakanlah untuk selalu update dan memiliki pengetahuan yang luas mengenai segala macam hal yang terjadi di dalam industri kita. Misalnya, kita adalah seorang Content Creator di sebuah perusahaan kosmetik, maka pastikanlah kita mengikuti tren kecantikan yang sedang berkembang pada saat itu.

Carilah konten maupun berita relevan terkait industri yang kita geluti dan selalu ikuti setiap perkembangannya. Jangan sampai ketinggalan satu hal pun yang sedang viral agar konten yang kita buat nantinya tetap selalu baru serta mengikuti tren yang ada.


4. Menulislah secara rutin
Seorang Content Creator atau Content Creative yang sukses sadar pentingnya konsistensi dalam mengembangkan kualitas tulisan. Menulis menjadi salah satu keahlian untuk menjadi Content Creative. Dengan menulis secara rutin dalam keseharian akan mampu meningkatkan kemampuan kita dalam menciptakan konten tulisan dan ide-ide yang diperlukan di dalamnya.

Mungkin, ada masanya seorang Content Creator tidak tahu apa yang harus ditulis, namun mereka tahu bahwa mereka dapat menemukan ketika mulai menulis. Jadi, jadikanlah menulis sebagai kebiasaan setiap hari. Usahakanlah untuk menulis artikel 1.500 kata perharinya untuk terbiasa menulis dan menuangkan ide-idemu.

5. Mengerti memasukan keyword dan SEO yang tepat
Tidak hanya bermodalkan memiliki kemampuan menulis, membuat konten video dan bahkan mungkin menjadi dubber. Seorang Content Creative juga dituntut mengerti hal terkait SEO. Melalui manajemen SEO yang bagus, kontenmu dapat mudah ditemukan melalui mesin pencari.

Ini akan membantu kita untuk menjadi lebih dikenal dan tentunya konten kita lebih bermanfaat. Dari sana kita bisa mendapatkan pemasukan dari Google. Apalagi bila dilihat sekarang ini sistem SEO tidak hanya dipergunakan untuk situs, namun juga meliputi gambar dan video.

6. Pahami KPI kita
Hanya karena kita mempublikasikan konten secara online tidak berarti konten yang kita hasilkan dapat dilihat orang. kita bisa saja tidak mendapatkan traffic yang layak untuk konten-konten kita.

Itu sebabnya pertama-tama kita harus fokus pada KPI kita sebelum mengoptimalkan konten yang kita buat. KPI adalah metrik yang digunakan untuk mengukur seberapa baik konten yang kita hasilkan terhadap ekspektasi kita. Umumnya KPI meliputi social media traffic, direct traffic, organic traffic, atau submission. Setelah memilih fokus KPI, kita bisa mencari tahu strategi yang tepat untuk mengoptimalkan konten yang kita ciptakan agar sukses.


7. Berkolaborasi dengan Content Creator lain
Conten Creator yang sukses mereka tidak berdiri sendiri. Mereka membangun jaringan dengan Content Creator lainnya untuk membuat suatu konten yang bisa dilihat oleh audiens. Seperti yang kita lihat di Content Creator YouTube saat ini, ada banyak Content Creator yang membuat konten secara bersama-sama. Mereka berkolaborasi untuk menambah jumlah subscriber di samping mempelajari keberhasilan konten masing-masing.

8. Ikut komunitas dan online course untuk meningkatkan keahlian
Selain berkolaborasi dengan content creator lain, bergabung di komunitas yang sesuai dengan industri yang kita geluti juga menjadi salah satu langkah penting yang harus dilakukan. Content creator yang sudah berhasil tahu bahwa kesuksesan yang didapat tidak hanya karena passion yang dimiliki melainkan juga karena ada sosok penting yang mengajari, menginspirasi, serta mendorong mereka untuk berpikir dengan cara yang berbeda dan itu semua bisa diperoleh dengan bergabung di komunitas.

Komunitas juga sering mengadakan kursus tertentu untuk meningkatkan keahlian kita dalam membuat konten, misalnya trik mengatur kamera, dasar-dasar menyunting video, atau kursus lain yang berhubungan dengan industri yang kita geluti. Biasakan juga untuk membangun jaringan dengan memanfaatkan berbagai kesempatan yang kita miliki. Luangkan waktu di Twitter, Facebook, atau Instagram untuk terhubung dengan komunitas atau pemuka pemikiran di industri yang kita geluti dan ikuti mereka di media sosial.

9. Minta kritik dan saran untuk perkembangan konten kita
Pekerjaan content creator tidak selesai begitu saja saat konten diunggah, justru ini adalah waktu yang tepat untuk mengevaluasi konten kita dengan mendengarkan tanggapan orang lain dan mempertimbangkan saran dari mereka untuk konten yang lebih baik lagi kedepannya. Content creator yang sukses menyadari bahwa masih ada banyak hal untuk dipelajari dan mereka akan bersikap terbuka terhadap pemikiran maupun cara pandang yang baru.

Itu dia beberapa cara menjadi Content Creator yang perlu kita terapkan agar dapat mengejar mimpi kita. (sumber)

Related Posts


close