Cara Membuat Playlist Di Youtube Channel

Cara Membuat Playlist Di Youtube Channel Video kita Dengan Mudah

Membuat Playlist Di Youtube Channel
Salah satu keuntungan membuat playlist terlihat jelas pada gambar tangkapan layar diatas. Yak, playlist ini adalah salah satu sumber traffic untuk channel Youtube kita. Jadi meskipun kita Youtuber pemula, enggak ada salahnya melakukan optimasi channel Youtube kita dengan membuat playlist ini.

Untuk cara membuat playlist di Youtube ada beberapa cara. Cara pertama, kita bisa membuat playlist baru langsung ketika mau menambahkan sebuah video ke playlist. Cara kedua, kita membuat playlistnya terlebih dahulu baru menambahkan video dengan edit.

Keduanya sama-sama mudah, namun bloggerpi.com akan membahas keduanya sekaligus. Siapa tahu ada kita yang belum tahu mengenai kedua cara tersebut.

Cara Pertama, Buat Playlist Sekaligus Menambahkan Video

  1. Buka video di Youtube yang ingin kita tambahkan ke playlist. Bisa video kita sendiri, atau video orang lain.
  2. Klik menu untuk menambahkan playlist seperti yang ditunjukkan gambar tangkapan layar dibawah ini.
  3. kita bisa menyimpan ke playlist yang sudah ada, atau kita bisa membuat playlist baru seperti yang dicontohkan pada gambar tangkapan layar dibawah ini.
  4. Jika kita akan membuat playlist baru di Youtube, ikuti langkahnya seperti pada gambar tangkapan layar dibawah ini. Untuk penjelasan mengenai pilihan privasi playlist Youtube akan dijelaskan dibawah ya.
  5. Video berhasil ditambahkan ke dalam playlist yang sudah ada, atau yang baru saja dibuat.

Cara Kedua, Buat Playlist Dulu Baru Menambahkan Video

Untuk langkah kedua, caranya mungkin berbeda, namun hasil akhirnya sama. Biasanya saya menggunakan ini jika ada beberapa video berseri baru yang saya jadwalkan jam tayangnya. Dengan begitu, ketika video tersebut tayang, sudah langsung masuk ke dalam playlist tersebut. Untuk cara kedua ini langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Login ke akun Google kita.
  2. Buka dashboard Youtube Studio Channel kita.
  3. Klik menu “Playlists” yang berada di sebelah kiri, seperti contoh gambar tangkapan layar channel bloggerpi.com/youtube dibawah ini.klik menu playlist di Yotube Studio.
  4. Setelah klik menu itu, kita akan dibawa ke halaman daftar playlist yang sudah ada seperti gambar dibawah ini. Lanjutkan dengan klik “New Playlist”.Halaman untuk buat playlist baru di Youtube.
  5. Isi nama playlist, pilih setting privasi playlist, lalu klik “Create” seperti contoh gambar tangkapan layar dibawah ini. Perlu dicatat, kalau kita memilih setting privasi “Public”, playlist kita bisa dilihat siapapun, dan bahkan bisa muncul di hasil pencarian Youtube. Untuk setting “Unlisted”, yang bisa melihat playlistnya hanya kita dan yang punya link langsung ke playlist tersebut. Pilih “Private” kalau ingin kita saja yang bisa melihat playlist ini.Cara membuat playlist di Yotube yang kedua.
  6. Kalau sudah, kita akan dibawa ke halaman playlist baru yang masih belum ada isinya. Disini kita bisa mulai mengisi deskripsi playlist baru, dan menambahkan video kedalam playlist ini.Halaman playlist di Youtube yang masih kosong dan tidak ada video di dalamnya.
  7. Untuk menambahkan video, kita bisa mengikuti langkah ini ya.
  8. Setelah kita klik “Add videos” akan muncul menu seperti ini. kita bisa menambahkan video orang lain dengan mencarinya, dengan menggunakan link lansung ke video tersebut, atau menambahkan video di channel kita. Pada contoh ini saya menambahkan video dari Channel Youtube Bloggerpi.com.Lakukan ini untuk menambah video ke playlist di Youtube kita.
  9. Setelah video kita tambahkan, hasilnya kurang lebih seperti dibawah ini.

Tips Membuat Playlist Agar Banyak Yang Lihat

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, membuat playlist di Youtube bisa menambah views channel Youtube kita. Kenapa kok bisa begitu? Karena playlist ini bisa ditemukan lewat pencarian, dan bahkan bisa direkomendasikan juga oleh algoritma Youtube.

Karena itu penting buat kita untuk membuat playlist yang berisi video di channel kita dengan benar. kita bisa megikuti saran seperti gambar tangkapan layar diatas, dan beberapa tips dibawah ini.

  1. Isi nama playlist dengan kata kunci tertarget, karena ini juga merupakan salah satu tips optimasi SEO Youtube Channel kita. Untuk riset kata kunci buat nama playlist, kita bisa menggunakan SEO Youtube tool gratisan yang pernah bloggerpi.com tulis disini.
  2. Isi playlist yang kita buat dengan video yang relevan. Maksud dari relavan disini adalah, video yang ada di playlist harus sesuai dengan nama playlist dan harus memiliki topik yang mirip. Misalnya, jangan sampai playlist berisi video tentang Game dicampur dengan video tutorial Youtuber Pemula.
  3. Isi deskripsi playlist, jangan sampai dikosongkan ya. Jelaskan isi dari playlist tersebut apa agar orang paham. Kabarnya ini juga merupakan salah satu faktor SEO Youtube yang menentukan apakah playlist kita bakal muncul di hasil pencarian. Namun sampai sekarang bloggerpi.com belum menemukan data yang mendukung pernyataan tersebut. Namun enggak ada salahnya diisi ya.
  4. Embed playlist di Blog atau website agar makin banyak yang nonton video di playlist tersebut.

Cara edit playlist di Youtube.

Apa saja yang bisa kita lakukan pada fitur edit playlist ini? Hampir semuanya bisa kita edit dalam playlist. Seperti misalnya menambah atau mengurangi video, mengganti nama, menambah deskripsi, mengurutkan video, hinga menghapus playlist. Untuk mulai edit playlist, langkahnya adalah sebagai berikut.
  1. Buka halaman daftar playlist.
  2. Klik “Edit Playlist”.
  3. Halaman playlist yang ingin kita edit akan terbuka.

Cara Mengubah Setting Privasi Playlist Di Youtube

Setelah membuat playlist di Youtube, mungkin kita ingin playlist tersebut hanya bisa terlihat oleh kita sendiri? Bisa kok, caranya kurang lebih sebagai berikut ya.

  1. Buka halaman Youtube Studio channel kita.
  2. Cari menu “Playlists” yang ada di deretan sebelah kiri. Klik saja, kita akan dibawa ke daftar playlist yang sudah kita buat.
  3. Klik “Edit Playlist” pada salah satu playlist yang ingin kita edit.
  4. Di bawah judul atau nama playlist, klik Lainnya.
  5. Lanjutkan dengan klik Playlist setting atau setelan playlist.
  6. Klik Advanced Settings atau Setelan Lanjutan.
  7. Cari menu drop-down “Playlist Privacy” atau “Privasi playlist”, pilih privasi baru playlist sesuai yang kita inginkan. Pilih setting privasi “Public”, kalau kita mau playlist kita bisa dilihat siapapun, dan bahkan bisa muncul di hasil pencarian Youtube. Setting “Unlisted”, kalau kita mau yang bisa melihat playlist-nya hanya kita dan yang punya link langsung ke playlist tersebut. Pilih “Private” kalau ingin kita saja yang bisa melihat playlist tersebut.
  8. Klik “Save” atau “Simpan”, makan setelan privasi playlist sudah berhasil diupdate.

Cara Menambah Video Secara Otomatis Ke Dalam Playlist Di Youtube

Setelah kita membuat playlist di Youtube, kita bisa menambahkan secara otomatis video terbaru ke dalam playlist tersebut. Jadi tiap kali ada video baru, kita tidak perlu lagi menambahkan secara manual ke playlist. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, buka halaman Youtube Studio channel kita.
  2. Cari menu “Playlists” yang ada di deretan sebelah kiri halaman Youtube Studio. Klik saja, kita akan dibawa ke daftar playlist yang sudah kita buat.
  3. Klik “Edit Playlist” pada salah satu playlist yang ingin kita edit.
  4. Di bawah judul atau nama playlist, klik Lainnya.
  5. Lanjutkan dengan klik Playlist setting atau setelan playlist.
  6. Klik Advanced Settings atau Setelan Lanjutan.
  7. Klik tab “Auto Add” atau “Otomatis tambahkan”, dan tentukan aturan. Aturan ini bisa berdasarkan beberapa hal sekaligus. Untuk pilihan aturan yang ada bisa berdasarkan, judul, tag atau deskripsi video.
  8. Lanjutkan dengan klik “Save” atau “Simpan”.

Nah, bagaimana? Semoga tutorial singkat cara membuat Playlist di Youtube ini bisa bermanfaat buat kita yang membutuhkannya. Siapa tahu memang ada yang belum paham mengenai cara menggunakan fitur playlist ini. (sumber)

Related Posts


close