Jumlah Kata Ideal Membuat Artikel blog

Jumlah Kata Ideal Untuk Membuat Artikel

Jumlah Kata Ideal Untuk Artikel blog
Banyaknya kata dalam sebuah artikel merupakan salah satu indikator dalam menilai kualitas artikel. Jadi tentunya kita perlu mengetahui berapa banyak kata ideal untuk membuat sebuah artikel.

Artikel yang bagus adalah artikel yang bermanfaat bagi orang lain, diskusi mendetail, dan gaya bahasa penyampaian yang mudah dipahami.

Pada poin pembahasan mendetail, detail ini sebenarnya lugas dengan banyaknya kata dalam pembuatan artikel.

Semakin detail atau mendalam pembahasannya, semakin panjang artikelnya. Namun, tidak semua artikel membutuhkan pembahasan yang panjang / detail. Jadi, jangan memaksakan artikel yang harus pendek, menjadi panjang.

Saat ini penulis (blogger) berlomba-lomba membuat artikel yang detail maupun panjang. Jika sebelumnya jumlah kata ideal dalam artikel berkisar 400-1000 kata, kini untuk meningkatkan kualitas artikel agar lebih bermutu (SEO) bahkan tidak jarang bisa mencapai 1000-2000 kata.

Adapun jumlah kata dalam artikel pada umumnya ideal mendekati 1000 kata per artikel, atau rata-rata sekitar 800 kata. Meski begitu, kebanyakan penulis (blogger) rata-rata masih membuat artikel sekitar 400-700.

Semakin di sini saya merasakan persaingan membuat artikel berkualitas semakin berat. Hal ini dikarenakan adanya persaingan yang membuat artikel mereka bersaing dan tampil di halaman pertama Google dengan kata kunci yang ditargetkan.


Meski bukan berarti artikel panjang lebih baik dari artikel pendek, hal ini dibuktikan dengan banyaknya artikel pendek di halaman utama Google. Hal ini karena jumlah kata dan karakter bukan satu-satunya faktor untuk menilai kualitas artikel di atau tidak mata Google.

Dan yang tidak kalah pentingnya dari jumlah kata dalam artikel tersebut adalah User Experience. Jadi buatlah artikel / artikel yang enak dibaca dan mudah dipahami manusia, bukan untuk robot Google.

Oke Sekian saja postingan kali ini, semoga postingan ini dapat bermanfaat buat anda semua.

Related Posts


close