Cara mengatasi Error server (5xx)

Cara Mengatasi Error server (5xx) Pada Blogspot di Google Search Console

Error server (5xx)
oke pada postingan kali ini kita membahas mengenai cara mengatasi Error server (5xx) ?
website dappat laporan error server 5xx, cara mnegatasinya bagaimana ya

Dan langsung saja Error 5xx itu biasanya karena websitenya tidak bisa diakses oleh Googlebot. Tidak bisa diakses itu bisa karena banyak hal, misalnya:
  • servernya downtime
  • servernya sibuk banget sehingga terjadi antrian
  • Googlebot diblokir oleh si server
  • dsb.
Sebagai pemilik website tersebut, tentunya kitalah yang paling tahu mana yang kira-kira paling memungkinkan untuk terjadi saat itu.

Berati kalau misal pake hosting, bisa komplain ke providernya ya?

Penyebabnya bisa banyak hal. Kita harus periksa dulu apa penyebabnya. Kalau penyebabnya di jaringan hosting, ya tentunya harus komplain ke providernya.

Bagaimana Cara Mengatasi Error server (5xx) Pada Blogspot di Google Search Console ?

Jika Google Search Console melaporkan kesalahan server, artinya Googlebot tidak dapat mengakses URL kita, waktu permintaan habis, atau situs kita sedang sibuk. Akibatnya, Googlebot terpaksa mengabaikan permintaan tersebut. Ada berbagai kemungkinan penyebab jenis kesalahan ini, dan kita mungkin perlu mengatasi masalah ini dengan tim pengembangan atau host server kita.

Pada umumnya Cara Mengatasi Error server (5xx) Pada Blogspot di Google Search Console, bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:
  1. Permintaan halaman dinamis dapat menyebabkan waktu muat yang berlebihan, periksa blog kita dan kurangi pemuatan halaman yang berlebihan jika diperlukan.
  2. Pastikan server hosting situs kita tidak down, kelebihan beban, atau salah konfigurasi.
  3. Pastikan situs kita tidak memblokir Google secara tidak sengaja. Kontrol perayapan dan pengindeksan situs mesin telusur dengan bijak, beberapa webmaster dengan sengaja mencegah Googlebot menjangkau situs mereka untuk mengontrol cara perayapan dan pengindeksan situs tersebut.
  4. Konsultasikan dengan pengembang kita untuk memastikan bahwa situs kita disiapkan untuk kinerja yang optimal.

Masalahnya blogspot merupakan blog gratisan, kita mungkin tidak dapat mengajukan klaim kepada google penyedian hosting. Di laman forum blogger, salah jawaban yang direkomendasi terkait Cara Mengatasi Error server (5xx) Pada Blogspot di Google Search Console adalah bahwa memang banyak yang mengalami masalah ini. Bukan dari indonesia saja, tapi diluar juga seperti itu. Sepertinya maalah Error server (5xx) Pada Blogspot ini masalah dari Blogger, bukan dari blog temen-temen. Jadi biarkan tim Blogger yang menangani ini, kita cuma bisa menunggu.

Error server (5xx) Pada Blogspot di Google Search Console oleh Blogger sendiri, apakah ada cara yang bisa lakukan?

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan, terutama bagi blog kita yang sudah terbiasa diindeks oleh Google Search Console tetapi justru sekarang menjadi hilang di laman search google.

Tips ini hanya pengalaman pribadi yang sudah dicoba dan berhasil, namun tidak ada jaminan tips ini bisa berhasil diblogspot yang kita mililki.
  1. Jika ada menggunakan robots txt secara manual sebaiknya kembali ke robots txt default.
  2. Sebaiknya jangan lakukan Inspeksi url hanya beberapa saat setelah memposting artikel, tunggu setelah Pada Dashboard Google Search Console, jika sudah melakukan Inspeksi url dan muncul url tidak ditemukan karena sebaiknya tidak mengklik minta pengindekan, lebih baik kita periksa fitur Cakupan jika ada laporan URL yang dikirimkan diblokir oleh robots.txt. sebaiknya lakukan Validasi
  3. Jika hal tersebut belum berhasil, kita bisa mencoba dengan mengganti tema blog dengan tema blog kita yang lain yang tentu bersifat responsiv, seo friendly dan sudah teruji disarankan menggunakan Template Blog Default atau template bawaan blogspot.

Demikian Cara Mengatasi Error server (5xx) Pada Blogspot di Google Search Console.

Related Posts


close