9 Cara Menambah Viewer YouTube

9 Cara Menambah Viewer YouTube yang Bisa kita Coba!

Cara Menambah Viewer YouTube
Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menambah viewer di YouTube. Diantaranya Berikut ini 9 cara memperbanyak view YouTube yang bisa kita coba.

1. Buat Konten yang Menarik
Konten merupakan daya tarik utama penonton YouTube. Jadi, membuat konten yang menarik merupakan cara menambah viewer YouTube yang paling penting. Konten yang baik tidak hanya akan banyak dilihat, tapi juga dapat mendatangkan respon yang positif dari penonton. Misalnya berupa like, comment, share, dan juga subscribe. Semakin tinggi engagement di video kita, semakin besar kesempatan video tersebut muncul di timeline dan berada di paling atas halaman pencarian.

Sajikanlah konten yang memiliki nilai tersendiri dan relevan dengan tujuan kita membuat channel YouTube. Misalnya, berupa konten edukasi, tutorial, atau konten-konten yang sifatnya menghibur.

2. Lakukan Riset Kata Kunci
Biasanya pengunjung akan mengetik kata tertentu di kolom pencarian. Kalau video kita relevan dengan kata tersebut, video bisa muncul di paling atas. Kemungkinan video diklik pun semakin besar. untuk dapat mencapai hasil tersebut, kita perlu melakukan riset kata kunci. Strategi ini juga bisa menjadi cara menambah viewer YouTube.

kita bisa menggunakan tools seperti Google Keyword Planner untuk membantu kita melakukan riset kata kunci, Dengan Google Keyword Planner, kita akan tahu kata kunci yang sedang banyak dicari orang. Tak hanya itu, kita bahkan bisa mendapatkan inspirasi untuk membuat video selanjutnya berdasarkan volume atau tingkat kesulitan kata kunci tertentu.

3. Optimasi Judul Konten Video kita
Judul konten juga penting untuk menambah view YouTube . Hal ini pun juga telah dikonfirmasi oleh YouTube, bahwa judul dapat mempengaruhi pengguna untuk mengklik video.

Untuk optimasi judul konten video, Tipsnya, buatlah judul yang sesuai dengan konten YouTube kita. Jangan clickbait, Selain dapat mengecewakan pengguna, judul yang tidak sesuai dengan isi juga akan membuat reputasi channel YouTube kita buruk.

  • optimasi judul video dengan menambahkan tanda kurung
  • tambahkan angka pada judul kita. Angka tersebut dapat berupa:
    1. Tahun saat ini
    2. Jumlah cara atau langkah untuk video tutorial
    3. Jumlah list untuk video listicle
    4. nomor lain yang masih berhubungan dengan konten video kita.
  • Buat judul dengan 40-50 karakter. Menurut studi dari Justin Briggs, video dengan judul kurang dari 50 karakter mendapatkan ranking yang bagus di pencarian YouTube.

  • 4. Tulis Deskripsi Video dengan Tepat
    Menulis deskripsi video dengan tepat juga menjadi salah satu cara untuk menambah viewer YouTube. Alasannya, penjelasan tentang video akan membantu penonton memastikan video tersebut sesuai keinginan. Selain itu, deskripsi video akan memudahkan algoritma youtube.

    Pertama, buat intro deskripsi yang kuat dan menarik. kita bisa memberitahu tentang apa video kita pada bagian ini. Tak perlu terlalu panjang. Buatlah 2-3 kalimat saja pada bagian ini.

    Kedua, buat deskripsi ringkasan video kita. Buatlah setidaknya dengan 150 kata atau lebih. Buatlah dengan jelas supaya penonton YouTube dapat memahami isi konten video kita. pastikan juga kita menyisipkan kata kunci agar terbaca oleh algoritma YouTube. Tujuannya, untuk meningkatkan ranking di hasil pencarian.

    Ketiga, masukkan link pada deskripsi video kita. Link yang dimasukkan bisa mengarahkan ke website, blog hingga akun media sosial kita. Tujuannya, untuk mengajak penonton untuk mengunjungi link tersebut.

    5. Gunakan Formula MVC pada Tag Video
    Mengisi tag video merupakan salah satu bagian dari optimasi SEO YouTube. Tag akan membantu YouTube memahami topik video kita. Penggunaan tag yang tepat juga membuat video YouTube mendapatkan ranking yang lebih bagus.

    Menggunakan formula MVC, yaitu “main keyword”, “variation”, dan “category”.
    • Main keyword: kata kunci utama sebagai tag pertama atau kedua
    • Variation: kata kunci sekunder atau LSI keyword
    • Category: kategori konten video YouTube kita.
    Dengan mengisi kolom tag dengan formula MVC, YouTube dapat lebih mudah mengetahui topik dan kategori video kita.

    6. Gunakan Custom Thumbnail
    Selain judul, thumbnail juga berpengaruh dalam meningkatkan jumlah viewer. Alasannya, thumbnail inilah yang terlihat pertama kali dilihat pengguna saat melakukan pencarian. Untuk itu, kita perlu mengoptimasinya. Optimasi thumbnail bisa kita lakukan dengan memanfaatkan fitur custom thumbnail.

    Tips untuk membuat custom thumbnail yang bagus.
    • Pastikan thumbnail sesuai dengan konten video kita.
    • Buat thumbnail yang unik dengan warna dominan, seperti biru, orange, merah, atau hijau.
    • Masukkan judul pada thumbnail kita

    7. Buat Playlist Video
    Membuat playlist merupakan salah satu strategi untuk menambah jumlah viewer YouTube kita. Sebab, dapat meminimalkan penonton pindah ke channel lain ketika selesai menonton video tertentu. >Untuk membuat playlist, ada tips yang cukup efektif, yaitu menggunakan layout horizontal.

    8. Giring Trafik Menggunakan Cards dan End Screens
    Selain playlist, cards dan end screen juga merupakan fitur YouTube yang dapat membantu pengguna untuk klik video kita lainnya. Inilah cara menambah viewer YouTube yang tak kalah ampuh.

    Cards merupakan fitur yang menampilkan list video lain. Fitur ini berbentuk tombol di pojok kanan atas serta dibuat clickable supaya tidak mempengaruhi jalannya video berlangsung. Sementara itu, end screen merupakan fitur yang menampilkan thumbnail video lain, channel, dan website di akhir video.

    9. Promosikan Video YouTube di Media Sosial
    Selain membuat konten video yang menarik kita juga perlu share konten tersebut di media sosial lain. Kenapa? Semakin banyak orang yang tahu, peluang video kita ditonton akan semakin besar. Akan tetapi, membagikan video YouTube di media sosial memerlukan cara khusus, mengingat durasinya cukup terbatas. Nah, caranya, lakukan posting teaser atau cuplikan video YouTube kita. Lalu, tambahkan link dan sedikit deskripsi pada caption postingan.

    Dengan mempunyai banyak viewers, tujuan YouTube kita pun dapat terwujud. Baik untuk tujuan bisnis seperti branding atau tujuan pribadi seperti berbagi ilmu hingga mendapatkan uang dari YouTube.

    Semoga artikel ini dapat membantu untuk menambah viewer video YouTube kita.

    Related Posts


    close