Cara Optimasi SEO Off Page web bisnis

Cara Optimasi SEO Off Page dalam 6 Langkah untuk web bisnis kita

'
Cara Optimasi SEO Off Page
Kita perlu mengoptimalkan website dari sisi SEO off page untuk menambah kualitas SEO website secara menyeluruh karena SEO on page saja tidaklah cukup. Lalu apa itu SEO off page dan berikut ini cara optimasi SEO Off Page pada blog/website kita.

SEO off page merupakan upaya optimasi SEO yang dijalankan di luar konten atau website tersebut. Bila di SEO on page kita cuma bergulat pada beberapa faktor SEO internal website, SEO off page mengharuskan kita untuk mengoptimasinya dari berbagai faktor eksternal seperti inbound link/backlink dan share di media sosial.

Salah satu kesalah pahaman tentang SEO off page yang paling lazim terjadi adalah SEO off page cuma membicarakan masalah link building. Padahal sebenarnya jauh lebih luas dari hal itu. Link building memang unsur paling penting dalam SEO off page, namun bukanlah satu-satunya. Ada 6 cara optimasi SEO off page dan keenam cara itu diantaranya:

1. Link Building

Link building adalah faktor paling penting dalam SEO off page karena Google memakai algoritma bernama Page Rank yang menilai kuantitas dan kualitas backlink yang terdapat di sebuah website. Beberapa pakar SEO menyatakan Page Rank telah kedaluwarsa, tetapi Google mengkonfirmasi kalau Page Rank masih merupakan faktor penilaian Google.

Maka dari itu, kita perlu memperoleh backlink/inbound link berkualitas untuk menguatkan SEO off page di blog/website kita. Dalam melakukan link building kita perlu memperhatikan faktor Page Authority dan Domain Authority, dofollow dan nofollow, anchor text, relevansi, dan trafik.

2. Listing Bisnis

Untuk kita yang mengelola blog/website bisnis, Terdaftar pada listing bisnis online merupakan salah satu penunjang SEO off page. Ada beberapa listing bisnis yang dapat kita gunakan seperti GrabFood, Zomato, dan Trip Advisor. GrabFood sesungguhnya bukanlah website review, namun bila terdaftar sebagai merchant di GrabFood, bisnis kita akan memperoleh satu halaman tersendiri di websitenya. Trip Advisor merupakan website review yang memuat listing bisnis di sektor restoran, tempat rekreasi, dan penginapan. Sementara itu GrabFood dan Zomato dispesialkan cuma untuk restoran. Tentu saja ini bisa berguna untuk SEO off page website kita.

3. Brand Mention di Media Online

Umumnya sesudah menjalankan sebuah kampanye atau aktivitas tertentu, bisnis kita bisa memperoleh brand mention dari media online. Misalnya brand atau nama bisnis kita disebutkan di salah satu artikel sebuah media online. Kita akan memperoleh keuntungan saat nama bisnis kita disebutkan oleh media online sehingga pembaca media online itu kian familiar dengan website kita. Kita dapat menghubungi media online itu untuk menyisipkan link ke website kita di artikelnya.

4. Google Bisnisku

Google Bisnisku merupakan layanan listing bisnis gratisan dari Google. Siapa saja yang memiliki bisnis dapat mendaftarkan bisnisnya di layanan ini. Google Bisnisku terbukti berguna untuk menaikkan kualitas SEO off page, khususnya untuk SEO lokal.

Dengan terdaftar di Google Bisnisku, bisnis kita akan kian mudah muncul pada hasil pencarian lokal. Disamping itu, bisnis kitapun akan terlihat di Google Maps dan berpeluang semakin besar untuk nampak di kotak snack pack pada hasil pencarian Google.

5. Review

Review atau ulasan tentang produk dan bisnis kita dari Google Bisnisku maupun situs-situs review lainnya berpengaruh cukup penting pada SEO off page. Semakin positif ulasan yang diberikan, maka semakin besar juga fungsinya pada SEO off page website kita.

6. Share/Bagi Konten di Media Sosial

Secara resmi Google menyatakan kalau share di media sosial bukanlah tergolong faktor ranking dan tidak berdampak pada SEO secara langsung karena terlalu mudah dimanipulasi. Namun share di media sosial yang orisinil (bukan dari hasil membeli) tetap berpengaruh secara tidak langsung pada SEO off page.

Semakin banyak yang share konten kita di media sosial memungkinkan untuk menjangkau orang-orang guna membaca konten kita sehingga konten kita berpotensi untuk dibicarakan, dibagikan kembali, atau bahkan direkomendasikan di media sosial mereka.

Itulah 6 langkah cara optimasi SEO Off Page pada website bisnis kita. SEO off page memang relatif lebih sukar dari pada SEO on Page. Sebab kebanyakan faktor SEO off Page tak dapat kita kendalikan sepenuhnya. Akan tetapi, semua upaya keras itu akan terbayar saat Page Authority, Domain Authority dan trafik kita meningkat sesudah mengaplikasikan semua langkah pengoptimalan SEO off page di atas.

Related Posts


close