15 Cara Mempromosikan Video Youtube

15 Cara Mempromosikan Video Youtube Paling Efektif!

Mempromosikan Video Youtube
Cara promosi yang tepat akan mempermudah channel Youtube kita untuk berkembang. Semakin berkembang channel Youtube kita, semakin besar kemungkinan kita untuk mendapat penghasilan dari Youtube.

15 Cara Ampuh Mempromosikan Video Youtube

1. Manfaatkan Topik yang Banyak Dicari
Jika kita sering menghabiskan waktu di Youtube, kita pasti tahu kalau ini adalah salah satu cara yang sering dimanfaatkan oleh Youtuber. Rumusnya sederhana. kita tinggal cari topik yang sedang ramai dibicarakan saat ini, lalu buat video seputar topik tersebut.

Pada Konsep dasarnya memang sederhana. Tapi proses pencarian idenya sebenarnya lebih kompleks. Ada banyak hal yang mesti dipertimbangkan. Mulai dari apakah topik video relevan dengan tema channel kita, hingga apakah topik cocok dengan target penonton kita.

Untuk mencari topik populer yang cocok dengan tema channel kita Dalam hal ini, kita bisa memanfaatkan keyword. Keyword dapat menunjukkan apa yang paling sering dicari oleh target penonton kita.

2. Gunakan Alat Promosi Gratis di Youtube
Sebenarnya kita juga bisa melakukan promosi di video kita sendiri. Awalnya, mungkin kita mengira promosinya disebutkan secara langsung di dalam video. Tetapi, ada cara lain untuk melakukan promosi di dalam video.

Jadi, Youtube menyediakan tiga alat gratis yang bisa kita gunakan untuk melakukan promosi di dalam video. Berikut ulasan singkatnya:
  1. Watermark – kita dapat menampilkan logo channel kita di pojok kanan bawah video. Jika penonton mengkliknya, mereka akan langsung berlangganan ke channel kita.
  2. Cards – Fitur ini akan menampilkan tombol bergambar tkita seru di pojok kanan atas video kita. Jika penonton mengklik tombol tersebut, akan ada beberapa rekomendasi video dari channel kita.
  3. End screens – Fitur ini memungkinkan kita untuk menampilkan video-video lain di channel kita beserta dengan tombol subscribe. Layar ini akan muncul di lima 5 sampai 20 detik terakhir video.
Perhatikan kenyamanan penonton saat menggunakan ketiga alat di atas. Contohnya, jangan pasang watermark dengan logo yang dapat membuat perhatian penonton teralihkan dari isi videonya. Selain itu, usahakan untuk memasang video-video yang relevan di cards dan end screens. Sehingga, penonton bisa tertarik untuk melihat video “lanjutan” dari topik yang kita bahas.

3. Buat Postingan di Community
Fitur ini memudahkan kita untuk berinteraksi dengan subscriber channel kita. Selain itu, kita juga bisa menggunakannya untuk memposting promosi video.

Penggunaannya kurang lebih sama seperti ketika kita membuat postingan di sosial media. Gunakan gaya bahasa yang sesuai dengan karakteristik subscriber kita. Jangan lupa untuk menggunakan kalimat-kalimat yang membuat mereka penasaran untuk menonton video kita.

4. Amati, Tiru, dan Modifikasi
Salah satu cara terbaik untuk belajar adalah belajar dari yang terbaik. Dengan cara ini, kita akan menemukan cara-cara baru untuk mempromosikan video Youtube kita. Carilah channel populer yang sesuai dengan niche kita, dan pelajari cara mereka mempromosikan video mereka. Mulailah dengan memperhatikan faktor-faktor berikut:
  • Cara menyampaikan konten
  • Kualitas video
  • Kualitas audio
  • Judul video
  • Isi konten

Setelah mengetahui apa yang membuat video tersebut populer. kita bisa menerapkannya juga pada video kita. Langkah awal yang bisa kita coba adalah dengan mengamati video kompetitor, meniru konsepnya, dan memodifikasi video kita agar menjadi lebih menarik.

5. Isi Profil Channel kita
Jika penonton menyukai video kita, mereka mungkin akan masuk ke profil kita untuk menonton video kita yang lain. Ini adalah kesempatan yang sangat bagus untuk membuat mereka semakin tertarik pada channel kita.

6. Buat Intro dan Outro Video
Buatlah intro dan outro untuk video-video kita. Intro adalah segmen pembuka di video kita. Sedangkan outro adalah segmen penutup. Intro dan outro akan memberi ciri khas di setiap video yang kita unggah. Jadi, penonton dapat dengan mudah mengetahui bahwa video yang mereka tonton berasal dari channel kita.

7. Berikan Deskripsi Video yang Menarik
Deskripsi video bisa dianggap seperti caption di postingan sosial media. Keduanya sama-sama memberi penjelasan tentang konten yang diunggah. Fungsi lain dari deskripsi video adalah untuk membuat video kita lebih relevan dengan topik yang diangkat.

8. Buat Video kita Terlihat Menarik
Sebelum mengklik suatu video, ada dua hal yang akan dipertimbangkan oleh calon penonton: Judul dan Thumbnail. Jika keduanya menarik, maka mereka akan menonton videonya.

9. Kolaborasi dengan Channel Lain
Melakukan kolaborasi antar channel sudah menjadi hal yang lumrah di antara Youtuber. kita pun bisa mencobanya agar channel kita semakin dikenal.

Dengan metode ini, kita bisa menarik perhatian dari para penonton channel yang kita ajak kolaborasi.

10. Manfaatkan Call-to-Action (Like, Share, dan Subscribe)
Saat menonton video Youtube, pasti kita sering mendengar kalimat “Jangan lupa like, share, dan subscribe ya!”. Nah, kalimat tersebut merupakan call-to-action (CTA), yaitu ajakan kepada penonton untuk melakukan sesuatu.

11. Manfaatkan Fitur Tag
Tag dapat membantu Youtube dan Google untuk memahami konteks video kita. Sehingga, video kita bisa lebih mudah untuk muncul di hasil pencarian pada topik tertentu – sesuai dengan tag yang kita pasang.

Mulai dari kata-kata yang terkait dengan topik yang kita bahas, hingga keyword yang sesuai dengan topik kita.

12. Buat Trailer untuk Channel kita
Memasang trailer adalah salah satu cara promosi channel Youtube yang sering digunakan. Biasanya, isi trailer membahas tentang tema utama dari channel, memberi sambutan, atau menampilkan keunikan channel secara ringkas.

13. Tambahkan Video ke Dalam Playlist
Playlist dapat membantu penonton menemukan video-video yang ada di channel kita. Secara tidak langsung, kita dapat mengarahkan penonton ke video yang jumlah viewnya masih sedikit. Agar lebih menarik, kita bisa membagi video-video kita ke dalam beberapa topik. Lalu, masukkan video-video tersebut ke dalam playlist yang sesuai dengan topiknya masing-masing.

14. Tawarkan Giveaway
Siapapun yang mendengar barang gratisan pasti akan tergoda. Itulah kenapa konsep giveaway sangat bagus untuk menarik perhatian penonton-penonton baru. kita dapat menggunakan metode ini sebagai alat untuk mempromosikan channel kita.

15. Iklankan Video
Selain mengiklankan video di hasil pencarian, kita juga bisa mengiklankan video kita di dalam video (yang bisa di-skip). Atau, menampilkan video kita di kolom rekomendasi. Semuanya tergantung dari tujuan pemasaran kita.

Semoga artikel ini dapat membantu kita mendapat lebih banyak penonton dan mengembangkan channel Youtube kita.

Related Posts


close