6 Langkah Mendapatkan Uang dari Blog 2022

Cara Mendapatkan Uang dari Blog dalam 6 Langkah di 2022

Kita bisa menghasilkan uang dari mana saja, termasuk salah satunya dari blog. Blog bukan hanya menjadi tempat menulis artikel, melainkan juga tempat kita menghasilkan uang. kita bisa mendapatkan uang dari blog dengan berbagai cara, dari endorsement hingga Google AdSense.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Blog?

Pertanyaan ini tentu sering terlintas di pikiran kita. Menghasilkan uang dari blog adalah hal yang sangat mungkin bagi semua blogger, asal tahu langkah-langkahnya.

Bahkan kita bisa menjadikan blog sebagai sumber penghasilan utama. Berikut adalah 6 langkah menghasilkan uang dari blog:
  1. Buat Blog di Platform Blog Terbaik
  2. Buat Konten Blof Bermanfaat dan Menarik
  3. Tingkatkan Kualitas SEO Blog Anda
  4. Promosikan Blog di Media Sosial
  5. Jaga Kepercayaan Pembaca Blog
  6. Tentukan Cara Monetasi Blog

Untuk memperoleh penghasilan dari blog syarat utamanya adalah blog berkualitas. Mengapa blog berkualitas ini penting dalam mendapatkan uang dari blog, Karena dengan membangun blog berkualitas kita bisa menghasilkan uang dari blog untuk jangka waktu yang lama.

Jadi yang perlu ditekankan terlebih dahulu adalah kualitas blog kita baru kemudian kita bisa berpikir cara mendapatkan rupiah belakangan. kita tidak akan bisa menghasilkan banyak uang dari blog yang kualitasnya rendah. Jadi pastikan kualitas blog kita adalah yang terbaik terlebih dahulu baru mendulang rupiah kemudian.

Berikut adalah cara membangun blog berkualitas dan cara menghasilkan uang dari blog tersebut:

1. Buat Blog di Platform Terbaik
Blog berkualitas berawal dari platform blog yang berkualitas pula. Ada banyak platform blog yang bisa kita pilih, dari Blogspot, Joomla, Drupal, Magento, hingga WordPress.

Platform blog mana yang terbaik untuk Anda?

Setiap platform punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. kita bisa mencari referensi dari teman-teman atau gooling untuk menentukan patform mana yang akan kita pilih.

2. Buat Konten Blog Bermanfaat dan Menarik
Setelah kita berhasil membuat blog, kini saatnya kita menerbitkan konten yang sudah kita tentukan topiknya. Buatlah konten yang bermanfaat dan menarik.

Konten kita bisa dikatakan bermanfaat ketika pembaca mendapatkan solusi melalui apa yang kita tulis. ketika pembaca mencari sebuah kata kunci di Google, yang mereka inginkan adalah jawaban yang bisa menyelesaikan masalah mereka.

Selain bermanfaat, konten kita juga harus menarik. Banyak website dan blog yang membahas satu topik yang sama. kita harus bisa memenangkan persaingan tersebut dengan membuat konten yang bermanfaat dan juga menarik.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat konten blog jadi menarik.
  • Pertama, ambil sudut pandang yang unik. Satu topik bisa dibahas dengan berbagai sudut pandang. Usahakan ambil sudut pandang unik yang belum digunakan blog atau website lain.
  • Kedua, buat judul yang kreatif. Judul adalah hal yang pertama kali dilihat pembaca. Jika judul tidak menarik, mereka tidak akan repot-repot membaca artikel kita. Jadi pastikan judul artikel kita kreatif dan menarik.
  • Ketiga, tambahkan media visual. Artikel yang berisi tulisan saja akan membosankan. Sebaiknya tambahkan gambar, foto, ilustrasi, infografik, atau video.

3. Tingkatkan Kualitas SEO Blog
Pengunjung blog kita berasal dari banyak sumber. Salah satu sumber terbesarnya adalah pencarian Google. Oleh karena itu, kita harus punya kualitas SEO yang baik untuk menjaring banyak pembaca dari Google.

Konten-konten yang kita tulis harus muncul setidaknya di halaman pertama hasil pencarian Google agar lebih mudah ditemukan calon pembaca. Dengan kualitas SEO yang baik, kita bisa mencapai hal tersebut, bahkan konten kita bisa menduduki peringkat pertama Google.

Walaupun begitu, membangun kualitas SEO tidak dapat dilakukan dalam semalam saja. Perlu waktu lama untuk bisa membangun SEO yang berkualitas. Waktu lama bukan berarti mustahil kalau kita menjalankan langkah yang tepat.

Kita bisa mempelajari bagaimana cara meningkatkan kualitas SEO blog dengan berdiskusi dengan teman kita atau mencari sumber lain.

4. Promosikan Blog di Media Sosial
Selain pencarian organik, media sosial adalah media lain yang berpotensi menjadi sumber pengunjung blog kita. Kita bisa menjangkau lebih banyak calon pembaca blog menggunakan media sosial.

Ada berbagai macam media sosial yang bisa kita manfaatkan, dari Instagram, Twitter, Facebook, YouTube, Kaskus, dan masih banyak lagi.

5. Jaga Kepercayaan Pembaca Blog
Memulai blog yang berkualitas bukan hal mudah. Dan mempertahankan kualitas tersebut adalah hal yang lebih sulit lagi. Meskipun sulit, bukan berarti mustahil untuk dilakukan.

Kita harus menjaga konsistensi kualitas blog untuk tetap mendapatkan kepercayaan dari pembaca. Selalu minta feedback, kritik, dan saran dari pembaca agar kita paham apa saja yang perlu diperbaiki dan dipertahankan di blog kita.

Dengan begitu pembaca akan semakin setia dengan blog kita. Dan bukan tidak mungkin mereka akan dengan sukarela membagikan blog kita kepada teman-temannya.

6. Tentukan Cara Monetasi Blog
Setelah membuat blog yang berkualitas, kita sekarang bisa mulai memikirkan bagaimana cara menghasilkan uang dari blog. Ingat, tanpa blog berkualitas, kita tidak bisa mendapatkan uang dari blog! Jadi pastikan untuk mengikuti langkah-langkah di atas terlebih dahulu.


Semoga artikel ini bisa membantu untuk Mendapatkan Uang dari Blog (sumber)

Related Posts


close