Setting Youtube Agar Banyak ditonton

Cara Setting Channel Youtube Agar Banyak Yang Nonton

Setting Channel Youtube
Sebenarnya ada banyak sih caranya, namun yang pasti nggak ada cara instant ya. Ada prosesnya agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Namun sebelum mengunggah atau upload video pertama, sebaiknya ada beberapah hal yang perlu diperhatikan.

Misalnya, pada bagian kustomisasi channel atau “customize channel”, terus bagian “channel arts” juga penting untuk diperhatikan. Minimal dengan setting yang lengkap, channel kita bakal dipertimbangkan untuk disubscribe, dan dianggap sebagai channel yang niat. Soalnya, kalau bagian dasar aja belepotan, orang mungkin males mau nonton channel youtube kamu.

Jadi, memoles bagian muka pada bagian “customize channel” itu adalah salah satu awal dari cara setting channel Youtube agar banyak yang nonton. Baru setelah itu dilanjutkan ke level selanjutnya seperti pada bagian riset kata kunci sebelum buat video, atau belajar bagaimana edit video yang baik dan benar.

Lalu Cara Setting Channel Youtube Agar Banyak Yang Nonton Gimana? Apa Saja?

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk optimasi channel youtube, bahkan sebelum kita mengunggah video pertama. Karena bagian paling depan dari channel youtube kita ini cukup menentukan.


Pastikan Bagian “Customize Channel” Sudah Diiisi Semua.
Apa saja sih yang ada disini? Channel Art, Channel Icon, Featured Channel, dan Featured Video
  1. Channel Icon. Bagian ini bisa diisi dengan icon yang bisa merepresentasikan kita atau channel kita.
  2. Channel Art. Berguna untuk keperluan branding channel youtube kita, sebaiknya langsung menjelaskan secara singkat isi dari channel kita. Ini adalah salah satu bagian penting dari cara setting channel Youtube agar banyak yang nonton.
  3. Featured Channel. Bisa kita isi jika kita punya channel lain untuk dipromosikan. Atau bisa juga diisi dengan channel favorit kita.
  4. Featured Video. Bagian ini bisa kita edit kalau sudah ada video yang diunggah. Bisa diganti kapan aja, dengan video apa saja. Sebaiknya diisi dengan video yang menjelaskan tentang channel kita saja. Karena ketika orang mengunjungi channel kita lewat dekstop, video ini akan berada di posisi terdepan.

Empat hal diatas mungkin terlihat sepele, namun optimasi bagian itu adalah salah satu cara setting channel Youtube agar banyak yang nonton dan dapat uang setelah berhasil dimonetisasi.

Optimasi Setting Di Youtube Studio
Setting – General
Pada bagian ini untuk mengatur mata uang. Saya gak pernah ganti bagian ini.

Setting – Channel
Kalau ini, bagian paling penting yang harus diedit agar channel Youtube kita maksimal. Beberapa bagian disini adalah sebagai berikut:

1. Setting – Channel – Basic Info
Pada bagian ini, yang paling penting adalah mengisi bagian Keyword atau kata kunci yang berhubungan dengan channel kita.

Setting - Channel - Basic Info salah satu bagian dari cara setting channel Youtube agar banyak yang nonton dan bisa dapat uang. Karena kalau ini diisi, kemungkina channel kita muncul di pencarian semakin besar.

2. Setting – Channel – Advanced Setting
Ada dua hal yang harus diperhatikan pada bagian ini :
  1. Nomor satu itu harus diisi untuk memastikan kalau kita tidak membuat konten yang dibuat untuk anak. Pilihan ini akan menentukan iklan yang tampil kalau channel kita sudah bisa dimonetisasi.
  2. Kita bisa menghubungkan ke Google Adwords, kalau kamu mau mengiklankan video yang kita buat lewat jaringan iklan Google Indonesia dan lainya. Perlu dicatat, ini bukan Google Adsense ya. Kita tidak mendapatkan uang dari Google Adwords, tapi ini adalah tempat kita bakar duit untuk promosi vidio atau channel kita.

3. Setting – Channel – Branding
Kalau kita sudah menyiapkan logo untuk channel kamu, bisa diunggah pada bagian ini.

4. Setting – Channel – Feature Eligibility
Bagian ini pastikan sudah aktif semua, agar bisa memaksimalkan fitur Youtube yang ada untuk para kreator seperti :

✅. Fitur standar
Mulai bangun channel YouTube Anda dan perbanyak jumlah penonton dengan berbagai fitur ini.
  • Mengupload video
  • Membuat playlist
  • Menambahkan kolaborator ke playlist
  • Menambahkan video baru ke playlist yang sudah ada
✅. Fitur menengah
Verifikasi dengan menggunakan nomor seluler. Bisa menggunakan nomor yang sama meski kita punya banyak channel. Pastikan kita melakukan verifikasi disini biar kita bisa
  • Video berdurasi lebih dari 15 menit
  • Thumbnail kustom
  • Live streaming
  • Mengajukan banding atas klaim Content ID

✅. Fitur lanjutan
Perluas jangkauan Anda di dalam dan di luar YouTube dengan berbagai fitur lanjutan ini.
  • Menyiarkan lebih banyak live stream per hari
  • Mengupload lebih banyak video per hari
  • Buat lebih banyak video Shorts setiap hari
  • Menyematkan live stream
  • Memenuhi syarat untuk mengajukan monetisasi
Setting – Upload Default.
Nah, kalau ini harus diisi untuk mempermudah tiap kali kita upload video baru. Jadi untuk deskripsi atau tags yang relevan dengan channel kita tidak perlu diisi lagi. Tinggal diisi spesifik sesuai video yang kita unggah.

Nah, kira-kira diatas adalah beberapa cara setting channel Youtube agar banyak yang nonton dan dapat uang setelah berhasil dimonetisasi ya. Ini bukan cara tercepat atau cara instant agar channel youtube kita banyak yang view. Namun dengan melakukan ini, paling tidak kita sudah siap untuk membuat channel kita ramai dan dikenal. Tetap ingat kalau konsistensi adalah kunci menuju sukses. Oke, selamat mencoba prakteknya. (sumber)

Related Posts


close