Cara Berjualan di Facebook

Cara Berjualan di Facebook Agar Dagangan Cepat Laku

Berjualan di Facebook
1. Gunakan Fitur Marketplace
Fitur Marketplace yang disediakan oleh Facebook ditujukan bagi para pengguna Facebook untuk menjual dan membeli barang. Dimana fitur ini mirip dengan marketplace seperti Bukalapak dan Tokopedia.

Fitur ini ditampilkan secara sederhana dan terletak di bagian kiri halaman saat kita login ke Facebook melalui Desktop. Fitur ini juga akan menampilkan informasi produk kita secara lengkap, mulai dari foto produk, harga, lokasi, deskripsi detail produk, hingga nama kita sebagai penjual.

Adapun untuk melakukan transaksi, sistem yang diberlakukan adalah Cash On Delivery (COD) yang mengharuskan kita untuk bertemu dengan pembeli. Tujuannya jelas untuk mengindari penipuan, baik yang dilakukan oleh penjual ataupun pembeli.


Meski begitu, penjual dan pembeli dapat berdiskusi terlebih dahulu terkait kesepakatan harga. Apabila kita sebagai penjual cepat tanggap dalam membalas pesan pembeli, Facebook akan memberi kita lencana “Sangat Responsif” pada profil Marketplace kita.

2. Manfaatkan Grup Jual Beli
Fitur grup di Facebook memang sudah lama tersedia. Namun kini, tersedia pula grup yang mengkhususkan diri sebagai tempat bagi para penjual mempromosikan barangnya.

Keberadaan grup tersebut harus kita manfaatkan sebagai bagian dari cara berjualan di Facebook yang lebih efektif dan efisien.

kita bisa mengikuti grup jual beli berdasarkan lokasi yang bisa kita jangkau. kita pun hanya perlu mengunggah produk untuk memperbesar peluang produk cepat laku. Nantinya, calon pembeli akan menghubungi via pesan di Facebook atau kontak yang kita cantumkan.

3. Gunakan Foto yang Orisinil dan Menarik
Langkah terpenting selanjutnya dalam cara berjualan di Facebook agar dagangan kita cepat laku yaitu dengan menampilkan foto produk yang orisinil dan menarik. Salah satu alasan pembeli tertarik dengan suatu produk adalah karena gambar yang terlihat orisinil sehingga bisa dipercaya keasliannya.

Foto yang menarik juga bisa diartikan sebagai foto yang jelas dan tidak buram. Jangan sampai pembeli kecewa karena foto produk dengan kondisi barang aslinya tidak sesuai atau tidak sama.

4. Tampilkan Informasi Produk Secara Lengkap
Informasi terkait produk juga harus disampaikan dengan jelas dan lengkap. Hal ini akan memudahkan calon pembeli memahami detail produk dan menghindari kesalahpahaman yang mungkin terjadi kedepannya.

Tak hanya itu, ketika pelanggan membandingkan sebuah produk di antara dua toko, pelanggan cenderung akan membeli produk dengan informasi yang lengkap.

5. Pelajari Copywriting
Copywriting merupakan suatu metode pembuatan materi yang biasanya berupa tulisan, yang bertujuan untuk mengajak calon konsumen untuk membeli produk yang diiklankan. Dalam hal ini, copywriting perlu dipelajari teknik penulisannya, meski sekilas terlihat mudah untuk dilakukan.

Copywriting harus diibuat semenarik mungkin agar audience penasaran dan mau mengenal lebih jauh produk kita. Copywriting yang baik juga akan membentuk branding yang baik terhadap bisnis kita secara keseluruhan.

6. Berikan Respons yang Baik
Ketika orang tertarik dengan produk kita, mereka akan menghubungi untuk mencari tahu lebih lanjut. Ketika hal itu terjadi, berikan respon yang baik dan sopan. Hal ini akan membuat pelanggan merasa dihargai.

Jangan terlalu pemilih dalam menanggapi pesan dari calon pembeli. Layani semuanya dengan baik, meski pada akhirnya mereka hanya bertanya dan tidak jadi membeli.

7. Buat Fanspage
Fanspage adalah halaman khusus yang disediakan oleh Facebook, yang berisi informasi yang hendak disampaikan oleh pemilik akun. Dalam hal ini, akun fanspage dapat digunakan oleh lembaga pemerintahan, komunitas, organisasi, brand, hingga toko online. Karena itu, kita bisa menggunakan layanan ini untuk memaksimalkan perkenalan atas produk kita.

Sedikit berbeda dengan akun personal, terdapat tombol ikuti yang bisa diklik apabila pengguna ingin mengikuti akun fanspage tersebut. Setiap unggahan dalam fanspage tersebut juga dapat disukai, dikomentari, dan dibagikan oleh pengguna.

8. Gunakan Layanan Facebook Ads
Cara berjualan di Facebook selanjutnya yang baik untuk kita lakukan yaitu menggunakan layanan Facebook Ads. Dimana layanan ini cenderung memberikan hasil yang cepat dibanding poin lainnya di atas yang tergolong organik.

Facebook Ads sendiri merupakan layanan berbayar yang ditujukan untuk menyebarluaskan kampanye dengan audiens yang tertarget. Biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan layanan ini bervariasi, mulai dari 10 ribu rupiah hingga jutaan rupiah tergantung pengaturan iklannya. Untuk dapat menjalankannya, kita pun harus memiliki akun bisnis terlebih dahulu.

Itu dia beberapa cara berjualan di Facebook yang bisa mulai kita lakukan untuk memaksimalkan penjualan produk kita. Dimaana hal tersebut secara tidak langsung juga akan meningkatkan brand awareness secara keseluruhan.

Related Posts


close