Cara Upload Video di Youtube

Ini Dia Cara Mudah Upload Video di Youtube

Upload Video di Youtube

Melakukan pengunggahan atau upload video di Youtube bisa dilakukan oleh siapa saja. caranya juga mudah dan tidak merepotkan. Pengunggahan bisa melalui ponsel maupun laptop. Di bawah ini akan dijelaskan tentang tutorial yang mudah untuk melakukan upload video ke dalam kanal Youtube kita.

Unggah Video Youtube dari Laptop

Adapun cara mengunggah video Youtube dari laptop bisa kita lakukan dengan cara di bawah ini.
  • Login ke laman studio.youtube.com terlebih dahulu
  • Cek pada bagian kanan atas laman, pilih ‘upload video’
  • Pilih file video yang akan diunggah ke kanal Youtube kita
  • Jangan lupa tambahkan info berupa judul, deskripsi, dan thumbnail untuk memudahkan pencarian.
  • Biasanya, kita juga akan diminta untuk melakukan setelan berupa subtitle hingga tag pada video yang diunggah.
  • Bila sudah selesai, kita dapat mengecek ulang dengan mengeklik tab ‘Lihat Pratinjau dan Publikasikan’ atau “Preview and Publish.’
Video Youtube terbaru kita sudah dapat dinikmati oleh para subscriber.


Mengunggah Video Youtube dari iPhone & Android

Untuk upload video di Youtube dari ponsel, kita dapat melakukan tahapannya sesuai dengan langkah berikut ini.
  • Login pada channel Youtube milik kita
  • Pilih pada bagian atas layar yang bergambar kamera
  • Pilih file yang akan diunggah.
  • Tambahkan file musik atau sound untuk latar belakang bila dibutuhkan
  • Klik ‘Upload’ ketika video sudah siap diunggah
Saat proses unggah sudah selesai, kita dapat menambahkan deskripsi dan judul yang akan ditampilkan pada deskripsi video kita.
Kelebihan Mengunggah Video di Youtube

Dengan upload video di Youtube, ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan.

1. Menyalurkan Hobi
Hobi mancing, memasak atau berpetualang kita bisa menyalurkan kegemaran kita sembari merekamnya untuk dimasukkan ke kanal Youtube. Anggap saja bahwa unggahan ini akan memberikan memori untuk beberapa momen yang mungkin tidak dapat diulang kembali. Jadikan kegemaran kita sebagai salah satu hal yang menyenangkan untuk dikenang dengan mengunggahnya ke akun Youtube pribadi.

2. Mengisi Waktu Luang
Jadikan kegiatan harian kita sebagai salah satu konten yang akan memberikan produtivitas. kita bisa mengisi waktu luang dengan membuat video, kemudian upload video di Youtube channel kita. Dengan demikian, kita telah mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat.


3. Mengenalkan Produk
Bagi pebisnis, Youtube merupakan sebuah wadah baik untuk mengenalkan produk. kita dapat mendeskripsikan produk dengan menggunakan video. Berbeda dengan tulisan dalam media sosial, mengenalkan produk melalui video akan memudahkan penonton untuk mengetahui kelebihannya dengan lebih detail. Dengan demikian, keunggulan produk akan lebih mudah dimengerti saat dijabarkan secara langsung.

4. Menghasilkan Uang
Youtube juga bisa menjadi pohon uang bagi kita. Saat unggahan video kita bisa memancing banyak penonton dan menjadi viral, maka kenaikan rating pada kanal kita juga akan meningkat. Tentu hal ini akan memberikan dampak pada keuntungan yang kita peroleh tiap detiknya. Dengan melakukan upload video di Youtube, kita juga berkesempatan untuk dikenal orang dalam kalangan yang tak terbatas.

5. Memilih Materi Video yang kita Kuasai
Jika melihat akun Youtube para publik figur diindonesia, biasanya mereka akan membuat konten yang tak jauh dari keseharian. Bila mereka bisa, kita juga bisa. Pilih konten yang kita kuasai secara penuh, sehingga isi materi videonya juga akan berbobot. Lakukanlah apapun yang sesuai dengan minat kita.

6. Membuat Karya yang Original
Dengan membuat karya yang original, kita bisa menjadi pelopor pada tren tertentu. Carilah momen yang unik untuk dijadikan konten kanal Youtube kita. Jika memang unik dan totalitas, maka bukan hal mustahil kita akan menarik banyak subscriber baru pada akun yang kita miliki.

7. Mengunggah Hal-Hal Kekinian
Salah satu cara mudah upload video di Youtube yang akan mendatangkan penonton adalah mengunggah hal kekinian yang sedang banyak dibahas. kita dapat menganalisisnya dari banyaknya keyword dan pencarian teratas. kita dapat membahasnya dari sudut yang berbeda. Dengan demikian, para penonton kita akan merasakan hal baru yang tidak disinggung oleh konten kreator yang lain.

8. Perhatikan Sisi Positif Konten kita
Sebelum memutuskan untuk membuat kanal Youtube sendiri, perhatikan sisi positif yang akan kita sampaikan. Hal ini akan membuat konten dalam Youtube kita juga akan berbobot baik bagi siapapun yang menontonnya.

9. Gunakan Bahasa yang Mudah Dimengerti
Sesuaikan konten kita dengan target market para penonton. Bila konten edukasi, gunakan bahasa yang resmi dan baku. Bila konten berupa kegiatan harian dan hobi, kita bisa menggunakan bahasa santai yang mudah dimengerti banyak orang. Hindari menggunakan bahasa alay dan lebay karena tidak semua orang bisa memahaminya.

demikianlan beberapa tips yang bisa langsung kita coba di rumah. Tak hanya dapat menyalurkan hobi, jika akun kita dimonetisasi, tentu akan menghasilkan pundi-pundi uang yang lumayan. kita hanya perlu fokus dan telaten dalam mengunggah video terbaru.

Related Posts


close