5 Tips Kuasai Halaman Pertama Google

5 Tips SEO untuk Bisa Kuasai Halaman Pertama Google

Tips SEO untuk Bisa Kuasai Halaman Pertama Google

Search Engine Optimization atau disingkat SEO merupakan suatu upaya yang dilakukan pada sebuah blog/website supaya terindeks di halaman pertama atau berada di peringkat teratas pada hasil pencarian yang sesuai dengan keyword (kata kunci) yang relevan dengan konten blog/website tersebut, Walaupun Banyak sumber trafik yang dapat diandalkan untuk memperoleh pengunjung. Tetapi SEO (Search Engine Optmization) masih menduduki porsi yang lumayan besar lantaran dari segi kualitas trafik, SEO tetap mempunyai kualitas yang lebih baik ketimbang sumber trafik lainnya.

Ada beberapa teknik atau stategi SEO yang dapat kita praktekan saat ini. Mengenali dan menjalankan strategi lebih awal merupakan langkah yang bagus dan perlu, sehingga kita dapat mempraktikkan langkah-langkah penting itu sebelum pesaing melakukannya.

Berikut ini langkah Search Engine Optmization

  • 1. Penelusuran Suara
Sebagai pemilik blog atau pelaku bisnis online yang menggunakan SEO sebagai sumber traffic tentunya kita wajib mempelajarinya. Oleh karena itu gunakan keyword (kata kunci) yang digunakan untuk memakai penelurusan suara seperti penggunaan kata/kalimat apa, siapa, bagaimana, kapan, mengapa, dan dimana.

Karena Penelurusan dengan memakai suara saat ini terus meningkat di bandingkan dengan tahun lalu. Ini menunjukkan jumlah penelusuran dengan memanfaatkan suara telah banyak dan ada potensi makin meningkat. Pasalnya dengan memakai suara, mereka tidak perlu repot-repot mengetik Cukup hanya mengucapkan suatu pertanyaan saja dan ini jauh lebih gampang untuk sebagian besar pengunjung blog/website.

  • 2. Pengalaman Pengguna
Google menyukai website yang mempunyai pengalaman pengguna dengan baik. Semakin baik pengalaman pengguna dari blog/website kita, maka semakin besar peluang website kita di SERP Google memperoleh peringkat yang lebih baik.

Website yang memberikan pengalaman pengguna yang tidak baik seperti loading terlalu lama, navigasi acak-acakan, terlalu ramai iklan dan websitenya membingungkan. Website yang seperti ini besar sekali kemungkinannya untuk turun rangking/kedudukannya setiap waktu.

Google Analytics adalah salah satu tool yang dapat digunakan untuk melacak pengalaman pengguna sehingga kita dapat memperoleh beragam informasi yang berhubungan dengan perilaku pengguna pada website. Selanjutnya kita dapat memperbaiki pengalaman pengguna supaya selalu lebih baik.

  • 3. Konten yang SEO Friendly
Konten masih merupakan faktor utama dan kritis dalam memutuskan peringkat blog/website kita. Karena konten ini berpengaruh langsung terhadap pengalaman pengguna. Oleh sebab itu berupayalah untuk membuat konten yang SEO-friendly dan menarik.

Bila blog/website kita sekarang belum memperoleh ranking pada halaman pertama Google. Maka, salah satu hal yang perlu dilakukan dalam upaya perbaikan yakni mengevaluasi konten-konten (video, gambar, pdf, powerpoint, dll) pada blog/website kita. Apakah konten-konten yang kita sediakan telah lebih baik daripada kompetitor kita yang ada pada halaman pertama Google.

  • 4. Teliti dalam Link Building
Backlink masih merupakan faktor utama dalam memastikan ranking blog/website kita. karena lewat backlink, Google dapat menilai otoritas dari blog/website kita. Otoritas website kita semakin bagus jika kian banyak website yang memberikan backlink pada blog/website kita.

Akan tetapi, jangan lupa. jangan memasang asal saja backlink. kita mesti selektif dalam menjalankan link building. Layaknya makanan, tidak seluruh makanan itu baik untuk tubuh. Ada pula makanan yang justru pengaruhnya buruk bagi tubuh. Demikian pula dengan backlink.

  • 5. Meningkatkan CTR
CTR dapat didefinisikan dengan jumlah klik dari seluruh tayangan ketika ada di halaman pertama Google saat pencari informasi yang mengetikan kata kunci di kotak pencarian Google. Semakin banyak CTR website, maka kian besar kesempatan website tersebut bertahan pada halaman pertama Google.

Adapun cara-cara meningkatkan CTR website kita di SERP Google, diantaranya :
  1. Optimalkan judul dan deskripsi halaman website. Gunakan judul dan deskripsi halaman secukupnya dengan menyisipkan kata-kata yang dapat merangsang pengunjung untuk meng-klik blog/website kita.
  2. Optimasi url halaman website. Khususnya website berbasis blogspot. Bila memakai WordPress maka url-nya akan secara otomatis memakai judul yang digunakan.
  3. Gunakanlah angka pada judul postingan/artikel. Contohnya; 5 Tips, 7 Rahasia, 9 Strategi, dll. Diakui ataupun tidak, saat memakai angka, CTR website kita akan jauh lebih baik ketimbang tidak memakainya.
  4. Usahakan blog/Website yang Responsif dan Mobile-Friendly. Setiap tahun pengguna perangkat mobile terus bertambah. Bila kita tidak mau kehilangan pengunjung yang berasal dari ponsel, maka kita harus memastikan blog/website kita mobile-friendly dan responsif tentunya.
  5. Gunakan Konten Video. Sangat disarankan untuk menyertakan video pada setiap artikel yang dipublish di website. Pasalnya lewat video bisa mendapatkan informasi yang lebih komplit dengan pencitraan yang menarik menjadikan pengalaman pengguna makin baik. kita dapat membuat video sendiri atau memilih video di YouTube yang relevan dengan isi artikel.

Itulah 5 tips SEO untuk bisa menguasai halaman pertama Google yang layak kita praktekkan sekarang. Pastikan kita melakukan hal-hal yang telah disebutkan di atas untuk dapat menguasai halaman pertama Google secara mudah.

Related Posts


close