Mengatasi - Sayangnya Gboard telah terhenti

Cara Mengatasi - Sayangnya Gboard telah terhenti


1. Hapus File Cache Android
Seperti yang saya bahas pada artikel sebelum dan sebelumnya, file cache bisa menjadi penyebab utama terjadinya error pada aplikasi bawaan ataupun aplikasi dari pihak ketiga. Sama seperti aplikasi lain, keyboard juga membuat file cache setiap anda membukanya. Tidak hanya pada keyboard saja, melainkan aplikasi lain juga membuatnya seperti galeri, kamera, pesan, aplikasi chatting, dan lainnya.

Solusi mengenai permasalahan tersebut coba bersihkan file cache dan history menggunakan aplikasi pembersih seperti Clean Master, CCleaner, dan lainnya.
Buka Pengaturan » Aplikasi & Notifikasi » Aplikasi » Pilih “NAMA APLIKASI KEYBOARD” » Penyimpanan » Kemudian tap “Hapus Tembolok”.

2. Matikan & Hapus Data Keyboard Android
Jika dengan metode pertama tidak berhasil maka cobalah dengan metode kedua. Metode kedua dijamin lebih ampuh dibanding metode pertama. Menghapus data aplikasi keyboard akan membuat keyboard terasa lebih fresh dan segar.

Tapi sebelumnya perlu anda ketahui bahwa menghapus data keyboard dapat menghilangkan pengaturan / setting keyboard berubah ke default.

Buka Pengaturan » Aplikasi & Notifikasi » Aplikasi » Pilih “NAMA APLIKASI KEYBOARD” » Penyimpanan » Kemudian tap “Hapus Data”.
Lakukan hal yang sama pada “Dictionary Provider”/ Kamus Pengguna. Tap “Nonaktifkan” dan “Hapus Data”, Kemudian “Aktifkan” kembali kamus pengguna android anda.

3. Factory Reset Android
Apabila metode kedua tidak berhasil maka langkah terakhir yang bisa anda lakukan yakni dengan factory reset/ mengembalikan android ke pengaturan pabrik. Cara ini dapat membuat data/ file di memori internal hilang secara permanen.

Untuk itu, sebelum melakukannya, backup semua file atau pindah ke laptop atau komputer. Jika sudah, langsung saja lakukan factory reset dengan mengikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Kemudian tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar”.
Lihat Juga :
Metode yang saya berikan memang tidak bisa menjamin 100% bisa berhasil, tapi setidaknya anda coba terlebih dahulu siapa tahu berhasil dan keyboard android bisa normal kembali.

Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar vidio dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!


Gboard telah terhenti
Gboard terhenti
Applikasi Gboard telah terhenti
Gboard error
Newer Oldest

Related Posts


close